A Day at Tokyo Disneyland

The Happiest Place On Earth…

Kata-kata yang sudah sangat mendunia itu ternyata memang benar adanya. Mengunjungi Disneyland untuk pertama kalinya dan merasakan langsung atmosfir dari tempat ini adalah suatu kebahagian untuk saya dan adik-adik. Kesampingkan urusan umur, karena tempat ini memang akan membawa kita ke beberapa tahun belakang. Kalau ditanya throwback, tentu jawaban saya “Ya!!!”, karena waktu kecil dulu saya memang pecinta berat film-film, tokoh bahkan lagu-lagu dari film Disney. Mungkin bukan hanya saya yang merasakan masa-masa itu, tapi masa kecil semua orang juga pernah bahagia dengan kehadiran film-film legendarisnya, seperti Cinderella dan Beauty and The Beast.

Antusiasme saya sudah tertanam jauh sebelum saya menginjakan kaki disini, saya sudah membayangkan bagaimana serunya menghabiskan waktu seharian di Disneyland bersama adik-adik saya.

Menurut saya mengelilingi dan mencoba semua permainan yang ada didalam taman bermain ini tidak cukup hanya satu hari. Saya memulai perjalanan dari jam 8 pagi, perjalanan ke Disneyland dari Shibuya memakan waktu sekitar 1 jam menggunakan kereta. Setelah keluar dari stasiun kereta, kami telah sampai di Disney Resort. Terdapat dua jalan yaitu ke DisneySea atau Disneyland, untuk sampai didepan gerbang Disneyland, pengunjung bisa menggunakan kereta khusus Disney yang tersedia tapi karena kami terlalu semangat alhasil kami gak pakai kereta dan jalan kaki cukup jauh.

Untuk tiket masuk, kami membeli langsung dikios-kios yang terdapat digerbang utama. Satu tiket untuk orang dewasa dan 1 hari (one day passport) pada saat itu (Februari 2016) sekitar 6,900 yen jika dirupiahkan sekitar IDR880,000an. Sebenarnya beli tiket langsung ditempat juga gak masalah, tapi kadang ada antrean yang cukup panjang apalagi kalau pas liburan anak sekolah di Jepang, tiket online pun bisa habis terjual. Saya sarankan untuk datang pagi-pagi sekali, lebih baik beberapa menit sebelum Disneyland dibuka (Disneyland Tokyo buka dari jam 8 pagi sampai 10 malam). Tapi kalau gak mau ribet dan antre, kamu bisa membeli tiket Disneyland secara online harganya pun sama aja, jadi nanti tinggal print atau tunjukan e-ticketnya kepada petugas digerbang utama.

Ada banyak permainan seru di Disneyland, mulai dari permainan untuk Balita sampai yang lumayan menantang. Tapi kalau kamu membayangkan permainan yang memacu adrenalin sepertinya salah tempat deh, karena permainan di Disneyland kebanyakan memang untuk anak-anak, seperti carousel, istana boneka, nonton pertunjukan atau naik perahu.
Saya dan adik-adik merasa kurang waktu saat berada ditaman bermain ini dan kita juga tidak terlalu banyak main permainannya karena cuaca pada saat itu super duper dingin, anginnya juga kencang, alhasil kita kebanyakan ngumpet di resto dan duduk-duduk karena kedinginan. Tapi kami sangat excited untuk mencoba semua permainan meskipun pada akhirnya gugur juga karena kaki kita pegal kelamaan berdiri, lol. Sejujurnya, hal yang paling saya senangi bukan nyoba semua permainannya atau pada saat saya melihat Princesses secara langsung, tapi quality time yang saya dan adik-adik habiskan di Disneyland adalah hal yang paling berharga.
Pengunjung yang bersiap untuk nonton parade
Saya sedikit kaget dengan pengunjung yang datang ke Disneyland, ternyata antusiasme mereka lebih parah berkali-kali lipat dibanding saya. Saya melihat banyak orang yang antre untuk minta berfoto bersama dengan tokoh-tokoh Disneyland itu, ya, saya pun melakukan hal itu, tapi banyak juga yang sampai minta tanda tangan malah sampai nangis histeris karena mereka sangat senang melihat tokoh-tokoh Disney secara langsung. Selain itu, memperhatikan orang-orang yang datang ke Disneyland menjadi keseruan sendiri karena banyak banget orang yang super niat untuk bergaya ala tokoh Disney ataupun berpakaian seragam dengan teman-temannya.
Disneyland Tokyo biasanya mengadakan parade setiap hari selama dua kali, yaitu siang (greetings parade) dan malam hari (Electrical Parade) yang disambung dengan pertunjukan kembang api di istana utama (Sky High Wishes). Beruntungnya, pas saya kesana sedang ada Frozen Fantasy Parade yang selalu dihadirkan pada saat musim dingin saja. Frozen Fantasy Parade ini menampilkan tokoh-tokoh dari film Frozen seperti Anna & Elsa, oh ya, parade ini juga tidak hadir sepanjang tahun loh hanya ada setiap bulan Januari sampai Maret saja. Untuk parade biasanya sudah terjadwalkan dan jam-jamnya terdapat di brosur Disneyland yang bisa kita dapatkan di kios pembelian tiket.
Parade-parade yang dihadirkan di Disneyland rata-rata berdurasi 15-45 menit. Biasanya 15 menit sebelum dimulai, banyak pengunjung yang sudah duduk manis didepan track parade agar mendapatkan tempat yang paling pas untuk nonton dan foto-foto. Nah, untuk kamu yang ingin main wahana secara leluasa, kamu bisa main saat parade dimulai karena dijamin semua wahana bakal sepi dan tidak antre. Tapi saran saya sih setiap ada parade ikut nonton aja, soalnya kapan lagi nonton parade tokoh Disney kalau bukan di Disneyland-nya langsung :D.
Getting there :
Untuk memudahkan perjalanan, kamu bisa cek terlebih dahulu rute, waktu dan harganya di www.hyperdia.com/en/. Berhubung saya dari Shibuya, cara paling mudah dan paling efisien pastinya menggunakan kereta, saya mulai dari Shibuya Station menuju ke Tokyo Station, setelah itu saya lanjutkan dengan mengganti kereta ke Maihama Station. Maihama Station adalah stasiun terakhir yang kami capai untuk menuju ke Disney Resorts. Untuk perjalanan pulangnya, kami melakukan rute yang sama dan sebaliknya.
Alamat : 1-1 Maihama, Urayasu, Prefektur Chiba
Info :
Jam beroperasi : setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan 10 malam.
Harga tiket masuk : 6,400 yen untuk 12-17 tahun dan 7,400 yen untuk 18 tahun keatas Disneyland Tickets.

Leave a Reply