Destinasi Wajib Saat Pertama Kali ke Bangkok

Tahun 2012 lalu, saya punya kesempatan mengunjungi Bangkok untuk pertama kalinya bersama dengan keluarga besar, dan kami mengikuti tur dari salah satu agen travel di Jakarta. Terbang sekitar 3,5-4 jam dari Jakarta cukup memakan waktu, tapi karena ini family trip, jadi perjalanan terasa seru-seru saja. Sampai di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, kami disambut oleh Miss Tjit, ia adalah tour guide yang akan menemani kami selama di Thailand.
Saya sudah lama sekali mendengar tentang pariwisata Thailand, khususnya Bangkok yang dikenal sebagai salah satu destinasi para backpacker dunia. Selain Indonesia, negara di Asia Tenggara yang dapat dikategorikan sebagai negara dengan living cost rendah yaitu Thailand. Tidak hanya wisata beratus-ratus kuil, kuliner dan wisata pantai seperti di selatan Thailand, wisata belanja pun menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh wisatawan ketika mengunjungi Bangkok, terlebih wisatawan Indonesia yang doyan belanja :D.

Wat Arun

Tempat wisata pertama yang turistik sekali tapi wajib dikunjungi adalah Wat Arun. Tempat ini menjadi tempat yang wajib disinggahi wisatawan karena merupakan landmark dari kota ini. Selain itu, kuil yang disebut dengan Temple of Dawn ini juga mempunyai bangunan yang unik. Terdapat banyak kaca yang dapat memantulkan cahaya jika terkena sinar matahari. Selain keunikan bangunannya, kuil yang menjadi tempat ibadah bagi yang beragama Buddha ini juga terletak di hulu sungai Chao Phraya, jadi jika ingin mengunjungi Wat Arun, pengunjung dapat merasakan pengalaman menarik dengan naik perahu menyusuri sungai Phraya.
Masih di kawasan Wat Arun, saya juga bisa menemukan tempat belanja suvenir khas Thailand yang sangat lengkap, seperti tas, kain dan aksesoris. Menurut Miss Tjit, kalau mau belanja suvenir khas Thailand paling tepat itu di Wat Arun, karena selain harganya murah, kita juga bisa menawar harga. Saya mengakui kalau beli suvenir disini lebih murah dibanding tempat lain, dan barang yang ditawarkannya pun cukup lengkap dan beragam. Uniknya, uang Rupiah disini berlaku lho, saya juga sempat beli aksesoris dan membayar dengan Rupiah. Mungkin karena banyaknya wisatawan Indonesia yang berkunjung kesini, makanya Rupiah pun bisa berlaku.
 
Thailand juga sangat dikenal dengan ragam kulinernya yang unik dengan rasanya yang asam, manis, pedas dan tentunya lezat. Salah satu makanan yang mendominasi adalah seafood. Pokoknya tidak sulit untuk menemukan seafood disini, salah satunya yang sempat saya coba adalah kepiting bakar segar yang enak banget. Lalu yang menjadi makanan paling khas di Thailand adalah Tom Yum. Siapa yang tidak kenal dengan rasa asam, manis, pedas yang terdapat di Tom Yum. Makanan ini juga sangat mendunia, karena keeksisannya, di Indonesia ada yang menjual Mie Instan rasa Tom Yum. Jujur, sebelum ke Bangkok saya bukan termasuk penggemar makanan Thailand apalagi Tom Yum, tapi setelah saya coba langsung dengan bumbu otentik yang diracik di negara asalnya, saya jadi suka banget dengan Tom Yum. Rasa didalamnya sangat beragam dicampur dengan beberapa jenis seafood dan sayuran plus kuah yang segar, duh, saya jadi lapar.
Selain Tom Yum masih banyak makanan khas Thailand yang terkenal dan enak pastinya, seperti Mango Sticky Rice yang unik sekali tapi enak banget rasanya. Yang paling saya suka adalah Thai Tea yang bener-bener dibuat langsung disini. Minuman teh yang manis ini dipadukan dengan susu yang segar banget, saya hampir setiap hari minum Thai Tea waktu di Bangkok. Harganya jauh lebih murah, gampang banget ditemukan dimana-mana dan pastinya rasanya lebih otentik (ya iya lah kan dinegara asalnya, lol).
Terkahir dan yang paling terkenal di dunia adalah camilan ekstrem ala Thailand. Kalau ke kawasan Khao San Road, kamu bisa menemukan banyak makanan ekstrem seperti ulat crispy, kalajengking goreng, kecoa dan lain sebagainya.  Camilan tersebut dijajakan disepanjang Jalan Khao San yang juga merupakan backpacker area yang ada di Bangkok. Sayangnya, saya tidak sempat mencoba dan melihat langsung seperti apa rasa camilan esktrem itu, kalau pun melihat langsung, kayaknya saya juga harus mikir dua kali untuk mencobanya.

Baiyoke Sky Restaurant

Nah kalau mau makan siang atau makan malam dengan suasana yang berbeda, kamu bisa coba makan di Baiyoke Sky Restaurant. Baiyoke Sky Tower merupakan bangunan kedua tertinggi di Thailand dan paling tinggi di Bangkok.  Selain hotel, tempat ini juga menyediakan beberapa restoran seperti Baiyoke Floating Market, The Rooftop Bar dan masih banyak lagi. Selain tepat untuk menikmati makanannya yang lezat, tentunya kamu juga bisa merasakan pengalaman seru berada diketinggian sampai dengan lantai 85 atau diketinggian 304 meter.
Restoran yang waktu itu saya singgahi untuk makan siang adalah Bangkok Sky Restaurant yang berada dilantai 78. Restoran ini sistemnya buffet dengan self-service yang mempunyai beragam makanan, dari Internasional sampai khas Thailand. Kebanyakan orang yang datang kesini grup dari agen travel seperti saya dan keluarga, jadi suasana makan siang disini cukup ramai dengan wisatawan. Tapi kalau kamu perorangan juga bisa menikmati makan disini, Baiyoke Tower terletak dekat dengan Platinum Mall dan Pratunam Market.

The Grand Palace

Mungkin bagi sebagian orang kalau datang ke landmark dari sebuah kota yang dikunjungi adalah suatu hal yang mainstream dan membosankan karena akan bertemu dengan ratusan turis dan sebagainya yang sangat umum dilihat. Bisa juga jika belum mengunjungi tempat wisata terkenal, maka merasa belum lengkap mengunjungi negara tersebut. Bagi saya pernyataan pertama atau kedua bukan hal besar, karena itu adalah pilihan individual saja.
Saya pribadi suka dengan tempat wisata yang umum yang terdapat di kartu pos atau iklan. Tapi saya juga suka eksplor wilayah atau tempat baru yang mungkin belum banyak orang tahu dan pastinya menambah pengetahuan saya. Dua-duanya mempunyai kelebihan, yang pasti kalau saya datang kesuatu negara yang belum pernah saya kunjungi, saya cenderung untuk memulai perjalanan dari tempat umum atau mainstream lalu mengeksplor tempat yang jarang dikunjungi wisatawan.
Wat Phra Kaew atau The Temple of The Emerald Buddha
The Grand Palace adalah satu dari beberapa tempat penting yang terdapat di jantung kota dan merupakan tempat wisata yang sangat umum di Bangkok. Kamu bisa menemukan berbagai wisatawan dari penjuru dunia datang kesini. Garis besarnya, tempat ini dari dulu merupakan kediaman untuk para Raja-raja Siam. Selain untuk kediaman para Raja, tempat ini juga menjadi tempat untuk mengadakan acara atau upacara Kerajaan.
Grand Palace terletak di sentral Kota Bangkok, tidak begitu jauh dari Khao San Road. Sentuhan Emas yang mendominasi beberapa bangunan kuil menjadikan tempat ini lebih indah dan megah. Jika kamu ingin mengunjungi Grand Palace pada siang hari, jangan lupa untuk membawa payung atau topi karena benar-benar panas dan terpenting pakailah baju yang sopan kalau gak mau diusir penjaganya.
 
The Grand Palace at night from Chao Phraya River
Foto diatas adalah kemacetan Kota Bangkok pada hari kerja, maklum saja Kota Metropolitan. Hampir mirip dengan Jakarta, macet, sesak namun dan sibuk dengan bermacam-macam orang. Yang saya suka dari Kota Metropolitan adalah orang-orangnya yang penuh ambisi dan produktif, semua orang terkesan sibuk dengan hal yang sedang dilakukannya, positifnya sih saya juga jadi merasakan produktifitasnya. Foto diatas diambil dari jembatan penyebrangan arah ke MBK.
MBK adalah salah satu pusat perbelanjaan yang terdapat di jantung kota. Mall ini berukuran cukup besar, didalamnya banyak menjual barang-barang murah dan tidak sedikit juga barang yang diskon. Selain itu, di MBK juga banyak menjual barang-barang KW, seperti tas dan sepatu dengan brand internasional. Hampir sama seperti di Indonesia, harus berhati-hati dan pintar kalau kamu belanja, karena di Bangkok banyak banget barang KW, palsu dan sebagainya.

Madame Tussaud Bangkok

LOL

 

Terakhir dan yang harus dikunjungi di Bangkok yaitu Madame Tussaud. Letaknya di lantai 6 Siam Discovery. Madame Tussaud Bangkok merupakan museum lilin pertama yang hadir di Asia Tenggara, yang sebelumnya ada di London dan Hong Kong. Disini banyak sekali patung lilin yang mirip dengan tokoh penting dunia, seperti Presiden, aktor dan aktris hollywood, penyayi sampai pemain band.
Katanya patung lilin disini dibikin nyaris serupa dengan tokoh aslinya, seperti tinggi badan dan ukuran badan yang bener-bener dibuat serupa. Itu benar adanya, karena saya sempat coba berfoto dengan salah satu pemain basket internasional  dan badannya benar-benar dibuat tinggi sama seperti aslinya.
  • Hal lain yang harus kamu coba saat mengunjungi Bangkok yaitu naik Tuk-tuk yang seru banget dan beradrenalin karena bawanya super ngebut, meskipun hampir sama dengan Tuk-tuk di Kamboja dan hampir sama juga dengan Bajaj di Jakarta, tapi sensasi naik Tuk-tuk di Bangkok beda dan lebih seru.
  • Jangan lupa belanja sampai kalap! Yang paling saya rekomendasikan adalah belanja di weekend market alias Chatuchak Market yang hanya buka setiap Sabtu dan Minggu. Kalau kata wikipedia, Chatuchak ini adalah pasar terbesar di Thailand, bahkan menjadi weekend market terbesar didunia. Saya sendiri juga gak sanggup muterin dan masuk ke semua toko di pasar ini. Yang pasti pasar ini tidak bisa dieksplor dalam waktu singkat, setidaknya kamu butuh waktu seharian penuh untuk bisa mendatangi semua sudut di pasar ini. Disini banyak menjual barang-barang vintage, baju, tas, aksesoris, sepatu yang keren-keren, kacamata, makanan, buah-buahan sampai jual binatang. Pokoknya semua dijamin ada dan yang paling bikin senang adalah harganya super duper murah. Oh ya, berhati-hati juga karena banyak barang KW (untuk brand internasional) dan barang bekas.
  • Selain itu coba juga sensasi belanja di Platinum. Barang-barang yang dijual disana rata-rata grosir, jadi banyak orang yang kesana bawa tas yang gede-gede atau koper karena kebanyakan barangnya untuk mereka jual lagi. Fyi, kebanyakan online shop di Indonesia yang menjual baju-baju, rok atau celana mereka ambil dari Platinum lho karena harganya terjangkau banget.
  • Kalau mau jalan-jalan dan belanja barang-barang bermerk, kamu bisa pergi ke Siam Paragon. Mall ini super besar dan lengkap, butik dari brand internasional yang terdapat didalamnya antara lain, Chanel, Prada, Blvgari, dsb.
  • Yang paling terkenal dari semuanya khusunya bagi para traveler adalah Khao San Road. Khao San Rd ini wilayah yang terkenal banget di Bangkok dan merupakan backpackers area. Banyak banget hostel, hotel dan penginapan murah lainnya yang berjajar dijalan ini.  Selain itu juga banyak tour & travel yang menyediakan paket-paket tur murah untuk wisatawan dari Bangkok, Phuket sampai ke Vietnam. Lalu disini juga bisa coba makanan-makanan khas Bangkok dan camilan ekstrem yang tadi saya ceritakan diatas, ataupun mencoba traditional thai massage yang terkenal itu.
Pengin liburan sekalian belanja dan menikmati berbagai macam kuliner yang lezat dengan budget yang minim? Atau pengin mendatangi kuil-kuil megah yang berbalut emas? Datanglah ke Bangkok, Thailand.
Selamat berlibur!

Leave a Reply