Finally, Shirakawa-go! #BucketList

Definitely another bucket list has been checked!

Shirakawago, Gifu, Japan

Setelah mengunjungi Jepang beberapa kali, akhirnya saya menapaki kaki juga di Shirakawa-go. Pasti tempat ini sudah gak asing lagi kan ditelinga kalian, apalagi yang suka mengunjungi Jepang. Selain indah apalagi pas musim dingin, tempat ini juga jadi salah satu situs yang dilindungi oleh UNESCO dari tahun 90an karena daya tarik dari rumah-rumah atau yang disebut juga gassho-zukuri house yang sudah berumur ratusan tahun.

Shirakawago, Gifu, Japan

 

Basically, Shirakawa-go terletak di prefektur Gifu, dengan area yang paling dekat adalah Takayama dan Kanazawa. Village itu sendiri berada di Ogimachi, village paling besar dan paling terkenal yang ada di Shirakawa-go. Untuk menuju kesini, sebenernya gampang-gampang susah, tergantung dari mana. Kalau kamu dari Tokyo, kamu bisa menempuh jalur Tokyo – Takayama – Shirakawa-go menggunakan kereta. Tapi saya waktu dari Kawaguchiko, jadi saya ke Takayama langsung melalui Kawaguchiko menggunakan bis dengan waktu tempuh sekitar 4 jam dengan 2 kali pemberhentian.

Shirakawago, Gifu, Japan
Salah satu farmhouse yang ada di Ogimachi Village

Saya memilih day trip ke Ogimachi Village karena biar bisa explore Kota Takayama juga. Selain itu, menginap di  farmhouses-nya sangat terbatas. Kamu harus antre dan reservasi dari jauh-jauh hari karena jumlah rumahnya sangat terbatas dan kadang gak semua rumah tersedia.Tapi untuk menikmati pengalaman yang berbeda, gak ada salahnya kamu coba, bisa cek disini untuk info selengkapnya Gassho-zukuri house atau cek langsung di Airbnb.

Karena saya milih untuk explore Takayama juga, jadi saya nginap semalam di salah satu hotel di Takayama. Takayama adalah sebuah kota yang terletak di Prefektur Gifu. Kamu bisa menginap di hotel, apartment, atau hostel, pilihannya cukup banyak dan lebih terjangkau karena Takayama jadi tempat persinggahan untuk orang-orang yang mau ke Shirawaka-go. Untuk ke Shirawaka-go, kamu hanya perlu naik bis dari stasiun Takayama selama 50 menit untuk sampai ke stasiun yang paling dekat dengan Ogimachi Village, biayanya kurang lebih 4000 yen perorangnya. Biar terorganisir apalagi kalau trip rame-rame, mending semua tiket kereta dan tiket bisnya di pesan dari jauh-jauh hari.

Shirakawago, Gifu, Japan

Shirakawago, Gifu, Japan

Waktu saya sampai di Shirakawa-go cuaca mendung dan gak lama salju pun turun cukup deras. Dingin banget tapi super bagus, suasananya dan pemandangannya pun bagus banget. Sayangnya, karena ini situs yang cukup dikenal banyak orang, jadi waktu itu sangat dipadati pengunjung dari berbagai negara. Tapi gak masalah sih karena disini banyak yang bisa kamu lakukan selain lihat pemandangan dan foto-foto yaitu makan, minum kopi, lihat souvenir dan main salju.

Shirakawago, Gifu, Japan

Karena saya sampai sana udah sore, jadi saya cuma bisa mengelilingi villagenya aja dan sayang banget gak sempat lihat pemandangan Ogimachi yang terkenal banget itu dari Shiroyama viewpoint. Tapi saya senang banget akhirnya bisa sampai kesini, dari yang tadinya cuma rencana terus karena keluarga saya lebih milih kota-kota besar untuk dikunjungi tapi akhirnya kita semua juga happy bisa kesini.

Shirakawago, Gifu, Japan

Kalau kamu kesini saat musim dingin, jangan lewatkan Winter Light-Up atau winter illumination yang ada di hari-hari tertentu pada akhir pekan. Biasanya akan ramai banget karena cuma ada beberapa hari aja, jadi kalau kamu niat untuk lihat winter illumination-nya, kamu harus reservasi karena jumlah pengunjungnya akan dibatasi biar gak over crowded. Untuk info selengkapnya, kamu bisa cek di Japan-Guide.

Leave a Reply