House Sangkuriang, Hotel Klasik di Tengah Kota Bandung

Bandung adalah kota kelahiran saya, tumbuh dan besar pun di kota ini. Menurut saya, Bandung punya banyak atraksi dan obyek wisata yang bisa dikunjungi. Terlebih saat ini Bandung sedang gencar mengubah Kota Bandung menjadi super keren dan modern dengan menambah taman-taman di beberapa area serta terobosan lainnya.

Saya bisa katakan bahwa Kota Bandung juga layak menjadi kota wisata seperti kebanyakan kota di Indonesia.

Bandung biasanya dijadikan sebagai ‘weekend gateway‘ atau pelarian pada akhir pekan oleh para wisatawan dari Jakarta, Bogor dan sekitarnya, karena jaraknya yang cukup berdekatan. Biasanya wisatawan yang hanya datang weekend ke Bandung, mendatangi beberapa obyek wisata dikawasan Lembang, cafe hopping ataupun wisata kuliner.

Nah, buat kamu yang punya rencana liburan ke Bandung dalam waktu dekat, saya punya rekomendasi hotel yang berasa ‘Bandung banget’.

 

House Sangkuriang Dago

House Sangkuriang adalah salah satu opsi hotel di Bandung bagi kamu yang mau menghabiskan liburan di Bandung. Berada di tengah-tengah Kota Bandung, menjadikan hotel ini banyak diminati oleh wisatawan.

Lokasinya tepat berada di Jalan Sangkuriang, seberang SABUGA (Sasana Budaya Ganesha) dan sangat dekat dengan jalanan utama Bandung, yaitu Jalan Dago.

Selain lokasinya yang strategis, House juga banyak diminati oleh wisatawan karena punya atmosfir yang sejuk dan konsep klasik yang diusung. Tercermin dari lobby utama dan kamar-kamarnya yang didominasi oleh kayu dengan sentuhan klasik.

Area Lobby House Sangkuriang

Lobby House Sangkuriang

Lobby Sangkuriang House yang nyaman

Meskipun tema yang diusung oleh hotel ini adalah klasik, tapi bangunannya terbilang baru dan cukup modern. Keadaan di sekitar hotel pun bersih dan sangat nyaman. Banyak pohon-pohon dan tanaman hijau yang menambah keasrian dari hotel ini. Apalagi ditengah-tengah bangunan hotel ada kolam ikan cukup besar yang melingkari bangunan kamar-kamar di House Sangkuriang.

Selain suka dengan atmosfirnya, saya juga suka banget dengan lokasinya yang gampang kemana-mana. Malam-malam kalau pengen ngemil, bisa naik mobil sebentar ke Martabak San Fransisco di Jalan Dago, seberang Rumah Sakit Borromeus.

Atau kalau mau makan malam, coba deh makan sirloin steak di Tizi, ini juga tempat favorit saya dan keluarga. Lokasinya gak sampai satu kilo dari hotel. Mau fast food pun tinggal jalan kaki ke McD di Simpang Dago.

Mau cari makanan enak dan murah yang buka sampai malam, cobain ke Jalan Dipatiukur. Di sepanjang jalan ini banyak banget pilihan makanan enak yang bisa kamu coba, seperti Sop Kaki Kambing dan Mie Merapi.

 

Tipe Kamar House Sangkuriang

Terdapat tiga jenis kamar yang ditawarkan oleh hotel ini, yaitu Sangkuriang Room, Siliwangi Room dan Family Suite.

Nah, kamar yang saya tempati waktu menginap disini adalah tipe Siliwangi.

Sebetulnya, antara kamar Sangkuriang dan Siliwangi hampir sama. Secara fasilitas, hanya ada tambahan sofa di dalam kamar. Namun perbedaan yang mencolok dan unik adalah balkonnya.

Bila balkon Sangkuriang Room menghadap ke Jalan Sangkuriang, Siliwangi Room menghadap jalan Siliwangi (SABUGA). Untuk fasilitas tetap sama, namun ukuran kamar Sangkuriang sedikit lebih kecil.

Begini pemandangan dari kamar saya (Siliwangi Room).

Kolam Renang dari Balkon Siliwangi Room
Kolam Renang dari Balkon Siliwangi Room

Selain menghadap ke arah SABUGA, saya juga dapat pemandangan kolam renang yang terletak di lantai satu atau area lobby House Sangkuriang. Suasananya sejuk banget dan rindang, karena di sekeliling hotel ini banyak banget pohon.

Kalau posisi kita lagi di balkon kadang-kadang terasa sedikit berisik dengan kendaraan yang lalu lalang, gak aneh karena jalan ini juga merupakan jalan utama di Kota Bandung. Tapi setelah masuk kamar, gak ada lagi suara bising dari kendaraan diluar. Saking nyaman ditambah lighting-nya yang redup, saya jadi betah dan bisa tidur cepat di hotel ini hehehe

Foto diatas adalah penampakan dari kamar tipe Sangkuriang Room. Gak beda jauh kan dari Siliwangi?

Sama-sama ada balkonnya juga, cuma menghadapnya aja yang beda. Kelengkapan Fasilitas di dalam kamar juga sama, mulai dari TV kabel, Mini Bar, writing desk, coffee and tea maker dan kasur berukuran King.

Tangga House Sangkuriang Hotel

Ruang Tamu Family Suite House Sangkuriang

Kalau ini adalah bagian utama dari tipe kamar Family Suite. Biasanya dijadikan ruang tamu atau ruang untuk menonton TV bersama. Sayangnya tipe kamar ini hanya ada 1 kamar dan cuma bisa dibooking langsung di hotel ini.

Di dalam suite ada 3 ruangan dengan 2 kamar tidur dengan kamar mandi dimasing-masing kamarnya.

Kamar Family Suite House Sangkuriang

Diatas merupakan kamar utama yang punya balkon dan menghadap ke Jalan Siliwangi serta langsung berhadapan dengan kolam renang, tipe kamarnya hampir sama dengan kamar tipe Siliwangi. Kamar ini cukup besar, ada mini bar-nya juga dan kamar mandinya lebih besar dibanding semua jenis kamar yang ada di House Sangkuriang.

Kalau ini kamar dengan twin bed yang berada di Family Suite. Di dalam kamar ini juga ada kamar mandi yang setipe dengan standar room lainnya.

 

Hotel ini juga terkenal banget dengan kolam renang yang bisa dibilang infinity pool. Malah saya pertama tahu tentang hotel ini adalah kolam renangnya yang banyak diposting oleh teman-teman saya di sosial media. Di area kolam renang juga ada restoran yang biasanya dipakai untuk sarapan, ataupun makan malam. Biasanya banyak tamu-tamu dari luar hotel yang sengaja berenang dan makan disini.

Infinity Pool House Sangkuriang

Waktu saya menginap disini juga ada pasangan yang sedang candle light dinner di pinggir kolam, siangnya, saya juga lihat sekumpulan ibu-ibu lagi arisan. Biasanya resto dan kolamnya ramai oleh pengunjung dari luar hotel pada saat weekend.

Kamu juga bisa bebas datang kesini untuk berenang dan makan di restorannya.

Nah, untuk berenang sendiri, House Sangkuriang menyediakan untuk berenang sepuasnya dan termasuk snack house platter. (Untuk harga update, silahkan cek website-nya!)

 

Dream Wedding

House Sangkuriang memiliki outdoor space atau ruang terbuka yang biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk wedding party, birthday party, atau social event. Kapasitasnya mampu menampung sekitar 300 orang. Selain itu, area kolam renang pun dapat dijadikan sebagai tambahan space.

Garden Wedding Party Sangkuriang

Untuk pesta pernikahan, House Sangkuriang memiliki Wedding Package. Untuk harga update-nya dapat kamu lihat di website. Tak hanya itu, paket lain seperti Birthday Package juga tersedia.

Selain ruang untuk pesta dan restoran di pinggir kolam yang bisa dijadikan tempat untuk mengadakan acara umum, ada pilihan lain yang ditawarkan House Sangkuriang, yaitu rooftop yang berada dilantai 3 hotel ini.

Rooftop Hotel Sangkuriang Bandung

Dengan letaknya yang terbuka, bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara tertentu yang lebih privasi.

***

House Sangkuriang Hotel Bandung

Jalan Sangkuriang No.1,
Bandung, Indonesia
Ph: +62 22 8783 2323
W: www.house-indonesia.com

Related Posts

3 Responses
  1. wow, tempatnya kayaknya nyaman buat ngumpet, tapi masih deket dengan segala cafe ala-ala itu yang tersebar di dago atau setiabudi ya? tapi berenang di situ dingin nggak siihh?
    aku selalu takut berenang di bandung bisi tiis iihh..

Leave a Reply