Liburan Ke Singapura, Pertama Kali Mencoba Hostel

Liburan ke Singapura kali ini agak berbeda dari biasanya, karena saya memilih stay di hostel dan tidur di kamar dorm. Hostel adalah semacam penginapan tapi setiap kamarnya diisi oleh beberapa orang dari 4-10 orang dalam kasur atau dorm yang berbeda. Dorm ini juga dapat bercampur antara laki-laki dan perempuan didalamnya, atau ada juga kamar dorm khusus perempuan.

Walau begitu, di hostel juga biasanya tersedia private room dan umumnya untuk 2 orang saja, sama halnya seperti hotel. Yang membedakan selain kasur dorm-nya ini, hostel juga mempunyai kamar mandi diluar atau biasa disebut dengan sharing bathroom. Saya sendiri cukup excited banget karena ini kali pertama saya coba tidur di hostel, tenyata tidur di hostel itu aman, terjamin dan tentunya murah. Maksudnya meskipun kamar mandinya sharing atau diluar kamar, keadaannya tetap layak. Rata-rata hostel menyediakan sarapan juga (meskipun bikin sendiri), terdapat locker untuk menyimpan barang pribadi juga.a.

Kamar Dorm tempat saya menginap kali ini mixed (laki-laki dan perempuan) terdiri atas 8 kasur untuk 1 kamar. Yang dimalam pertama berisik karena ada orang tidurnya ngorok :(. Tapi, kalau tinggal di dorm juga ada untungnya. Selain lebih murah, kita juga bisa kenalan dengan sama-sama traveler (saya dan Giga juga berkenalan dengan salah satu traveler asal Irak yang langsung ngajak nongkrong bareng).

Nah, di liburan kali ini, untuk pertama kalinya saya tidak menggunakan MRT dan Taxi selama di Singapura, tapi saya mencoba memakai Bus umum, dan ternyata lebih nyaman karena kita juga bisa melihat aktifitas kehidupan masyarakat Singapura.

SBS Transit Bus Singapura
Bus di Singapura

Berikut beberapa tempat wisata gratis di Singapura yang bisa kamu datangi

  1. Orchard Road

    Hampir pasti, Orchard Road selalu menjadi tujuan semua orang yang pergi liburan ke Singapura, apalagi orang Indonesia. Yah, ga semua sih, cuma rata-rata hehe. Tapi sebagai jiwa orang Indonesia, saya selalu kesana karena tergiru dengan mall-mall yang kerap ‘memanggil’ untuk disinggahi. Setuju?!

    Musisi Jalanan di Orchard Road Singapura
    Musisi Jalanan di Orchard Road Singapura
  2. Marina Bay Sands

    Kawasan hotel mewah di semenanjung Singapura. Di sini kita dapat melihat pertunjukan air mancur dan laser setiap sore secara gratis. Pertunjukan ini juga bisa dilihat dari area Merlion Park.

    Liburan ke Singapura-Marina Bay
    Suasana santai di Marina Bay

    Saya suka banget dengan suasana Marina Bay ini pada sore hari. Meskipun biasanya selalu ramai dengan turis-turis dari segala penjuru dunia.

    Saya sendiri ga pernah membedakan setiap perjalanan saya harus selalu jauh dari kerumunan turis-turis. Jadi sebisa mungkin menikmati atmosfir dan dibuat nyaman. Namanya juga daerah kunjungan wisatawan.

  3. Little India

    Salah satu daerah yang harus kamu kunjungi. Di sana, kita bisa melihat sisi lain dari Singapura, yaitu kebudayaan masyarakat India yang sudah lama tinggal di Singapura. Singapura memang sudah multikultur.Seperti komunitas lainnya, di daerah ini juga banyak kita temukan restoran dan cafe yang menjual makanan khas India. Ada juga toko0-toko yang menjual wewangian khas India dan segala kebutuhan sehari-hari.

    Suasana Little India
    Suasana Little India

    Nah, bila ke Little India, jangan lupa untuk mengunjungi Mustafa Center. Tempat ini pas banget buat yang hobby belanja. Di sana kamu bisa menemukan oleh-oleh berupa coklat, makanan, minuman, atau souvenir, barang elektronik, dan lain-lain.

  4. Sentosa Island

    Kawasan wisata dimana terdapat banyak sekali objek wisata di dalamnya. Paling terkenal adalah Universal Studio Singapore.

    Saat ke sana, kami mengunjungi Palawan Beach, sebuah pantai buatan yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Walau buatan, tapi pantai ini cukup enak koq untuk berenang atau sekedar untuk santai-santai.

    Palawan Beach Sentosa Island Singapore
    Palawan Beach

    Untuk menuju Palawan Beach, tinggal naik Sentosa Express dari Universal Studio Singapore hingga stasiun paling akhir dilanjutkan dengan berjalan kaki.

  5. Arab Street

    Daerah yang paling banyak dihuni oleh orang Arab. Disana ada banyak toko yang menjual tekstil, karpet, perhiasan dan lain sebagainya. Salah satu spot yang paling banyak dikunjungi adalah sebuah masjid, Sultan Mosque. Bagi kalian yang Muslim, kamu wajib masuk ke masjid ini. Interior-nya bagus dan nyaman. Namun, jangan lupa untuk memakai pakaian yang sopan dan tertutup, terlebih bagi turis yang tidak beribadah dan hanya berkunjung saja.


    Selain itu, di Arab Street, atau Kampung Arab ini, cukup instagramable karena bangunan-bangunannya masih unik masih terjaga dan berwarna-warni. Ada juga spot mural yang cukup terkenal.

 

Info tambahan:

  • ABC Hostel
    Lokasi hostel ini cukup strategis karena dekat dengan stasiun MRT, dan Bugis Street. Jadi bisa sambil belanja barang-barang atau oleh-oleh murah di area ini. Hampir 80% pengunjung ABC Hostel ini berasal dari Indonesia. Nah, ini bisa jadi salah satu alasan kamu yang pengen liburan ke Singapura dan lebih nyaman dengan banyaknya pengunjung dari Indonesia.
  • Transportasi
    Transportasi di Singapura itu sudah sangat terintegrasi. Pilihan yang murah adalah menggunakan MRT atau SBS Transit Bus. Keduanya bisa menggunakan EZ Link Card.

“Life is too short to be spent doing just one thing!”

Related Posts

Leave a Reply