Rekomendasi 7 Makanan Khas Bali Yang Wajib Coba

Tentu, tak lengkap rasanya kalau lagi mengunjungi suatu daerah tak mencicipi makanan khas daerah setempat. Pun begitu kalau lagi liburan di Bali. Walau sudah banyak cafe di Bali bertebaran dengan berbagai jenis makanan dari seluruh dunia, masih banyak makanan khas Bali yang wajib banget kamu coba.

Nah, berikut ini beberapa makanan khas Bali hasil hunting saya selama di Bali.

  1. Warung Made Weti (Sanur)

    Tempat makan yang selalu penuh didatangi oleh anak-anak muda di Bali ini jadi salah satu tempat sarapan sekaligus ajang mejeng di pagi buta. Beberapa kali saya makan di Weti selalu aja penuh. Bahkan mau pesan makan aja susah banget.

    Makanannya memang kaya Nasi Bali pada umumnya, tapi sejujurnya saya suka banget soalnya banyak banget pilihannya, kayak ikan, dan ayam. Satu yang paling saya suka adalah kulit ayamnya hehe… Selain itu, sambalnya juga bervariasi, dan yang paling enakmenurut saya sih sambal bawangnya.

    Untuk harga, harus agak berhati-hati, kadang disini harganya suka ditembak sesuai mood si pedagang. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri.

    Saya pernah makan disini satu porsinya Rp 35.000, tapi besok-besoknya lagi nyoba makan disitu dengan cara memesan makan menggunakan logat Bali, alhasil pas bayar cuma Rp 30.000 untuk berdua, padahal menunya sama kayak sebelumnya hehehe.

    Warung Made Weti Sanur
    Warung Made Weti Sanur (Photo: food.detik.com)

    Kesimpulannya, mungkin kalau mau makan disini harus punya trik kali ya dan jangan lupa pake sabar, karena mau makan aja ngantri banget!

    Jangan lupa juga datang sebelum kehabisan, pokoknya jangan datang terlalu siang, bukanya sekitar jam 8 pagi, udah habis biasanya jam 11-12an siang.

    Lokasi:
    Jalan Segara Ayu (Pantai Segara), Sanur.
    Harga: Sekitar Rp 15.000 — Rp 35.000
    Kategori: Halal

  2. Warung Lawar Kuwir Men Koko II (Canggu)

    Lawar kuwir tentu makanan khas Bali, biasanya lawar itu pakai daging babi, tapi kalau lawar kuwir ini pakai daging bebek.

    Meskipun tampilannya sederhana, tapi rasanya enak banget, harganya juga masih terjangkau.

    Kenapa saya bilang masih terjangkau, karena sekarang kebanyakan makanan khas Bali yang dijual udah agak mahal apalagi di daerah-daerah wisata kaya di Kuta atau Seminyak, rasanya biasa aja tapi harganya super mahal, jelas apalagi kalau ke turis.

    Warung Lawar Kuwir Men Koko

    Lokasi:
    Jalan Munggu Raya, Canggu.
    Harga : Sekitar Rp 15.000
    Kategori: Halal

  3. Ayam Betutu (Pasar Senggol Gianyar)

    Kalau mau cari makanan khas Bali yang orisinil, datanglah ke Gianyar. Persis di depan Pasar Gianyar ada jejeran kios yang menjual makanan tradisional Bali. Mulai dari Ayam Betutu, Nasi Babi Guling dan bubur tradisional ala Bali. Buat rasa jangan ditanya, karena ini bener-bener enak dan dijamin keasliannya.

    Harganya juga nggak mahal-mahal banget soalnya masih terjangkaulah untuk makanan kaya gini. Cuma kalau untuk letaknya memang agak jauh, apalagi dari daerah Kuta/Seminyak, kira-kira memakan waktu 1-1.5 jam perjalanan.

    Kios-kios ini bukanya sore sampai malam, enaknya malam sih kesini. Kalau udah makan, jangan lupa mampir ke Pasar Gianyar juga, disana banyak menjual makanan ringan khas Bali atau jajanan pasar tradisional dari Bali.

    Lokasi:
    Jalan Ngurah Rai, persis didepan Pasar Gianyar, Bali.
    Harga : kisaran Rp 5000 — Rp 35.000
    Kategori: Halal

  4. Nasi Ayam Kedewatan (Ubud & Seminyak)

    Nasi ayam yang super terkenal di Bali ini terdapat di Jalan Kedewatan Ubud. Sejujurnya isi dari satu porsinya sama kaya nasi ayam pada umumnya, tapi saya gak bohong kalau nasi ayam di Kedewatan ini enak banget. Mungkin karena tempat ini (yang di Ubud) bener-bener populer banget disemua kalangan.

    Kedewatan ini punya dua tempat, yang satu di Ubud dan di Seminyak. Saya sih biasanya makan di Seminyak karena tempatnya lebih dekat dari rumah, meskipun tempatnya kayak warung nasi biasa, tapi kalau lagi niat jalan-jalan ke Ubud, suka mampir juga karena tempatnya lebih enak.

    Makanan Khas Bali Nasi Kedewatan
    Nasi Kedewatan
    Nasi Ayam Kedewatan Ubud
    Di lokasi Nasi Ayam Kedewatan Ubud


    Lokasi:

    Jalan Raya Kedewatan II No.3, Ubud dan Jalan Kayu Jati No.12, Seminyak (sebelahnya Motel Mexicola)
    Harga: Sekitar Rp 25.000 — Rp 40.000
    Kategori: Halal

  5. Nasi Lawar Men Tingen (Sanur)

    Nasi Lawar di Men Tingen ini bener-bener otentik rasanya. Saya pernah makan lawar disini tiga hari berturut-turut, rasanya enak banget meskipun isi makanannya cuma lawar sama ayam aja (kadang-kadang ditambah kerupuk usus). Tak ketinggalan rasa sambelnya juga enak dan super pedas.

    Harganya jangan ditanya, kalau makanan yang asli Bali gini pasti murah. Beda sama makanan yang udah banyak dikunjungi turis.

    Saya merekomendasikan kalau kalian mau makan di Men Tingen coba makan di Men Tingen 2, karena mereka punya dua restoran. Men Tingen 2 tempatnya di pasar, tapi gak jorok sama sekali dan gak bau pasar juga, lebih enak karena ada parkirannya juga.

    Saya gak menyarankan makan di Men Tingen 1 karena sejujurnya tempatnya agak kurang baik dan berada dipinggir jalan.

    Lokasi:
    Jalan Pejang Sari, Pasar Intaran, Sanur.
    Harga: Sekitar Rp 15.000 — Rp 25.000
    Kategori: Halal & Non-halal

  6. Nasi Ayam Bu Oki (Jimbaran & Nusa Dua)

    Nasi ayam Bu Oki juga salah satu favorit saya karena rasanya Bali banget. Nasi ayam disini menunya lebih bervariasi, ada ayam betutu juga dan sambalnya super pedas. Nasi ayam Bu Oki ada dua tempat, yang satu di Jimbaran dan di Nusa Dua. Sebenarnya rasanya sama aja, tapi saya biasanya makan di Nusa Dua, karena setiap datang ke Jimbaran pasti selalu kehabisan.

    Nasi Ayam Bu Oki Bali

    Lokasi:
    Jalan Celagi Basur, Uluwatu, Jimbaran dan Jalan Pantai Mengiat, Nusa Dua.
    Harga: Rp 25.000 — Rp 30.000
    Kategori: Halal

  7. Ayam Betutu Men Tempeh (Kuta & Denpasar)

    Saya gak bisa berhenti makan kalau lihat ayam betutu khas Gilimanuk ini. Men Tempeh sekarang menjadi ayam betutu favorit baru saya. Bumbu yang meresap kedalam ayam, plus sambal matah yang super pedas ditambah kacang goreng menjadikan rasa ayam betutu ini beda banget dari yang lain.

    Kamu memang bisa cari beberapa ayam betutu di Bali, tersebar dimana-mana. Cuma harus pintar-pintar untuk memilih. Gak melulu mengenai harganya yang cukup terjangkau, ayam betutu ini juga punya lokasi yang mudah dijangkau wisatawan pada liburan ke Bali.

    Lokasi:
    Krisna Gallery and Resto seberang Krisna Tuban (Airport) dan Krisna Gallery and Resto Jl. Diponegoro, Denpasar
    Harga: Diatas Rp 55.000 (paket atau ayam setengah ekor)

Segitu dulu makanan khas Bali yang bisa saya bagikan.

Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Reply