13 Pantai di Bali yang Wajib Kamu Kunjungi di Bali

Pesona Bali memang tidak lepas dari jejeran pantainya yang berada di kawasan Uluwatu, Pecatu, Ungasan, Nusa Dua dan berbagai pantai di kawasan lainnya. Pantai di Bali punya beragam bentuk yang menawarkan keindahannya masing-masing.

Mulai dari pantai yang dikelilingi oleh karang, pantai berpasir putih, berpasir gelap bahkan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Laut biru yang menjulang tiada batasnya seakan tidak akan pernah surut, ombak yang besar semakin memperindah pengelihatan kami, ditambah suaranya yang sayup terdengar dikejauhan.

 

13 daftar rekomendasi pantai di Bali 

Setelah memutuskan untuk bekerja dan menetap di Bali, tak jarang saya mengunjungi beberapa pantai-pantai kesohor yang ada di Pulau Bali.

Mungkin daftar pantai-pantai berikut bisa menjadi rekomendasi kamu saat berlibur di Bali.

 

Greenbowl Beach – Pantai Greenbowl

Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Pandawa. Greenbowl merupakan hidden beach yang berada di bawah tebing sangat tinggi. Jadi untuk mencapainya, kita harus menuruni sekitar tiga ratusan anak tangga yang cukup curam. Pengalaman saya pas kesana cukup menghabiskan tenaga karena untuk jalan pulangnya kita juga harus menaiki banyak sekali anak tangga, bener-bener capek, tapi terbayarkan dengan pemandangan yang disuguhkan.

Air lautnya pun masih bener-bener bening, pasirnya putih lembut ada karang yang berbentuk gua juga, bisa neduh kalau gak mau kepanasan haha seru untuk foto-foto, terus pantai ini selalu sepi pengunjung, ada beberapa tapi gak banyak, mungkin banyak orang juga yang belum kesini. Namun menurut saya aksesnya gak begitu susah, karena banyak tanda yang mengarahkan kita untuk ke tempat ini, lalu jangan khawatir kalau sudah basah-basahan berenang di pantai, kita juga bisa mandi karena ada sewa kamar mandi.

Pantai Greenbowl Bali

Greenbowl Beach Bali
Pemandangan dari atas tebing sebelum turun ke Pantai Greenbowl
Pantai di Bali, Greenbowl Beach
At Greenbowl Beach
Goa di pantai greenbowl
Goa di pantai greenbowl

Beware of Monkeys!

Lokasi: Jalan Raya Bali Cliff, Ungasan, South Kuta.

Cara ke Pantai Green Bowl:

  • Melalui Jalan Raya Uluwatu, belok kiri di perempatan (patokannya ada Nirmala Supermarket) kearah Jalan Bali Cliff), ikuti jalan.
  • Jalan lainnya melalui Desa Kutuh, 15 menit dari komplek Nusa Dua.

 

Pandawa Beach – Pantai Pandawa

Pantai Pandawa merupakan pantai yang eksis dikalangan turis lokal pada saat ini. Karena mungkin Pantai ini dibuat untuk menarik wisatawan lokal serta dikelola oleh pemerintah, jaraknya yang tidak terlalu jauh dan akses yang mudah mungkin menjadi alasan untuk datang kesini.

Selain mempunyai tebing-tebing yang indah, Pandawa pun masih bersih, disana juga kita bisa bermain water sport seperti Canoe. Tapi untuk kalian yang tidak suka keramaian, saya tidak meyarankan untuk datang ke Pantai Pandawa, karena setiap harinya (terlebih liburan sekolah) pantai ini selalu di datangi oleh puluhan Bus wisata seharinya.

Pantai Pandawa Uluwatu Bali
Pantai Pandawa Uluwatu Bali
Pasir pantai Pandawa
Pasir pantai Pandawa

Lokasi: Kutuh village, Ungasan, South Kuta.

Cara menuju Pantai Pandawa:
Bisa ambil jalan dari Raya Uluwatu, lalu belok kiri diperempatan (Nirmala Supermarket) ke Jalan Bali Cliff, ikutin jalan nanti banyak tanda yang mengarahkan (searah seperti ke Pantai Greenbowl). Atau bisa juga ambil jalan melalui komplek Nusa Dua melewati desa Kutuh.

 

Gunung Payung Beach – Pantai Gunung Payung

Tempat ini sebenarnya lebih dikenal sebagai Pura Gunung Payung, karena banyak orang kesini biasanya mau berkunjung ke Pura. Tapi lama kelamaan munculah nama Pantai Gunung Payung di media sosial dan sebagainya. Ceritanya waktu itu gak sengaja mau ke Pantai Pandawa, terus lewatnya dari arah Nusa Dua, pas diliat-liat taunya nemuin pantai ini. Pas mau kesana, ternyata temen saya ada yang lagi datang bulan, didepan jalan terpampang jelas kalau dari jalan raya masuk sampai ke pantainya adalah kawasan suci. Jadi akhirnya setelah beberapa hari kemudian, saya dan teman-teman baru bisa datang ke pantai ini.

Sepanjang perjalanan mau masuk ke tempat parkiran, dikiri-kanan jalan lagi dibangun tempat golf yang super luas. Mungkin nantinya akan dibikin juga semacam resort dan sebagainya. Pantai Gunung Payung super bagus, airnya jernih dan pantainya berpasir putih. Jangan ngeluh kalau mau liat pantai yang segini bagusnya, karena kalian harus turun dan menaiki 300-an anak tangga.

Tapi semuanya akan kebayar dengan pemandangannya, ditambah diatas langit banyak yang lagi main paralayang, mereka seliweran diatas kepala kita, jadi pemandangan tambahan yang bagus banget pokoknya. Kebetulan saya lagi suka banget bawa alat snorkeling kalau main ke pantai, disini cocok banget buat snorkeling soalnya ombaknya pas sore-sore gak begitu besar, matahari juga gak begitu panas dan pemandangannya bawah lautnya lumayan bagus, kalian bisa liat karang-karang terus banyak ikan kecil-kecil juga. Sayangnya, dideretan pantai ini gak bisa lihat sunset hehe

Aktivitas Paragliding di sekitar pantai Gunung Payung
Aktivitas Paragliding di sekitar pantai Gunung Payung

Background Gunung Payung Beach

Pasir Pantai Gunung Payung

Lokasi: Jalan Pantai Gunung Payung, Nusa Dua, Kuta Selatan

Cara menuju Pantai Gunung Payung:
Pantai ini terletak dekat sekali dengan Pantai Pandawa. Tepatnya, pantai ini diapit oleh jalan antara Pantai Pandawa dan jalan menuju ke Kawasan Nusa Dua (via Hotel Ritz Carlton)

 

Balangan Beach – Balangan Surf – Pantai Balangan

Pantai ini bisa dikatakan sebagai Pantai terbaik di Bali. Selain suguhan sunsetnya yang luar biasa keren, kita juga bisa santai sore dibawah hangatnya matahari. Payung-payung yang bertebaran disepanjang Pantai menambah keindahan, serta adanya “private pool” pinggir laut yang dapat terlihat hanya saat laut sedang surut.

Selain untuk saya yang hanya menikmati pantai, Balangan juga menjadi pantai yang diminati oleh para peselancar, karena disini adalah salah satu tempat terbaik untuk berselancar. Saat matahari tenggelam, keindahan terus bertambah dengan segelintir orang yang melakukan Yoga di pinggir pantai.

Untuk berenang harus sangat berhati-hati karena banyak batu dan karang di bibir Pantai.

di pantai Balangan Bali

Pemandangan Pantai Balangan dari atas tebing
Pemandangan Pantai Balangan dari atas tebing
Sunset di Pantai Balangan
Sunset di Pantai Balangan

Pantai di bali, balangan beach

Lokasi: Jalan Pantai Balangan, Pecatu, South Kuta.

Cara menuju Pantai Balangan:
Sekitar 6km dari Jalan Raya Uluwatu, belok kanan diperempatan (kalau dari Jimbaran) yang ada Nirmala Supermarket. Ikuti jalan, banyak tanda yang mengarahkan.

 

Impossible Beach – Pantai Impossible

Sebenernya bener-bener gak sengaja menemukan Pantai ini. Awalnya saya berniat ke El Kabron, tapi malah nyasar kesini. Dari atas tebing udah gak yakin kalau Pantainya bagus, karena bibir pantainya pun gak terlihat, dengan berbekal ke-sok-tahuan akhirnya turun, ternyata akses ke pantai ini gak begitu ekstrim curamnya seperti Pantai Greenbowl. Ya tapi tetep aja capek, hehehehe.

Pas sampai di pinggir pantai bener-bener terkesima dengan pemandangannya, ternyata gak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Pantainya bagus banget, sepi dan bersih. Terus banyak karang-karang tinggi yang mempercantik pantai ini, memang gak begitu luas pantainya tapi seru masih tetap bisa berenang juga dipinggiran pantainya.

Relax at Impossible Beach Uluwatu

Lokasi: Pecatu village, South Kuta.

Cara ke Pantai Impossible
Pantai ini terletak 100m sebelum Pantai Padang-padang. Dari jalan Labuhan Sait, Uluwatu belok kanan ke Jalan Pemutih, harus pelan-pelan karena masuk kedalam gang yang hanya muat untuk 1 mobil saja. Tapi jangan khawatir, disana ada parkirannya juga.

 

Bingin Beach – Pantai Bingin

Pantai berpasir putih ini menjadi pantai yang sangat dikenal oleh wisatawan asing. Selain salah satu spot untuk bermain surfing, di Pantai Bingin juga ada beberapa bungalow atau homestay yang terkenal. Biasanya para wisatawan asing, khususnya yang niat untuk bermain surfing di Pantai Bingin, akan menginap di penginapan yang terletak di Pantai Bingin ini. Di pantai ini juga ada beberapa cafe yang spotnya cukup baik untuk melihat sunset.

Tapi sayangnya, akses menuju ke pantai ini masih cukup sulit. Kamu harus menuruni beberapa anak tangga yang lumayan curam.

Plang menuju Pantai Bingin

Suasana Pantai Bingin Bali

sunset di Pantai Bingin

Lokasi: Pecatu village, South Kuta.

Cara ke Pantai Bingin:
Pantai Bingin berada berdekatan dengan Pantai Impossible. Sama-sama terletak di kawasan Pecatu, biar gak kesasar kamu bisa menggunakan Google Maps atau Waze aja untuk mengunjungi tempat ini.

 

Padang-padang Beach

Pantai ini pun sebenarnya udah gak asing lagi dikalangan para turis lokal. Saat ini, mulai banyak Bus Pariwisata yang datang kesini, tapi sejujurnya banyak juga turis asing yang masih minat kesini karena Padang-padang ini menjadi tempat favorit untuk para peselancar. Pantainya bagus dan bersih, banyak warung-warung juga yang berjejer dipinggiran Pantai. Tapi untuk mencapai ke Pantainya tidak semudah di Pandawa, kami juga harus menuruni beberapa anak tangga yang bikin capek.

Di Padang-padang ini sering diadakan acara musik bagi para peselancar, sekarang juga mulai banyak kafe-kafe keren dan penginapan disekitaran pantai sini. Belakangan ini Pantai Padang-padang menjadi perhatian banyak orang karena (katanya) menjadi salah satu tempat untuk syuting film Eat, Pray, Love tahun 2010 lalu.

Pantai di Bali, Pantai Padang-padang

Suasana di Pantai Padang-padang

Padang-padang beach

Lokasi: Jalan Labuhan Sait, Pecatu.

Cara ke Pantai Padang-padang:
Sama halnya seperti arah jalan menuju Pantai-pantai diatas. Namun Pantai ini berada dekat Pura Luhur Uluwatu (juga Pantai Blue Point).

 

Blue Point Beach – Pantai Suluban

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, pantai ini menjadi suatu tempat yang paling saya suka. Banyak hal yang membuat pantai ini lebih indah dari pantai-pantai lainnya. Selain batu-batu karang yang menutupi seperti gua, laut yang mempunyai gradasi berwarna turquoise juga indahnya kafe-kafe kecil diatas tebing.

Kerennya, Blue Point selalu menjadi tempat untuk kompetisi surfing tahunan yang diadakan oleh beberapa brand terkenal. Misalnya bulan Juni 2014 lalu, saya datang kesini untuk menghadiri acara Uluwatu Challange yang diadakan oleh Bali’s Big Eco Weekend. Acaranya seru banget, banyak peselancar Internasional juga yang mengikuti kompetisi ini dan ditutup dengan acara musik di Single Fin Cafe (diatas tebing Blue Point Beach). Di Single Fin juga biasanya selalu ada acara musik setiap Rabu dan Minggu, dari sunset sampai dengan malam.

Kamu juga bisa baca post-an saya tentang Surga Peselancar dan Mengejar Matahari di Pantai Blue Point.

Sunset di Pantai Suluban

Suluban Beach Bali

Jalan turun ke Pantai Suluban

Karang di Pantai Suluban

Di pantai Suluban Bali

Lokasi: Jalan Labuansait, Uluwatu.

Cara ke Pantai Suluban:
Pantai ini berada sangat dekat dengan Pura Luhur Uluwatu, letaknya setelah Pantai Padang-padang.

 

Pura Geger Beach – Pantai Pura Geger

Ternyata, deretan pantai di kawasan Nusa Dua ini gak kalah kerennya dengan di daerah Bukit. Dan lagi jarak tempuh Nusa Dua juga gak terlalu ekstrem dan jauh seperti kita kalau mau ke Bukit.

Pantai ini punya keindahan sendiri dengan banyaknya gua-gua dari karang yang menutupi garis pinggir pantai. Kalau lagi surut, kita tentu bisa duduk-duduk didalam gua-gua itu, nilai plusnya kita juga gak akan pusing-pusing kepanasan atau nyari tempat untuk meneduh (buat orang-orang yang gak suka panas dan malas berenang). Pokoknya saya sangat merekomendasikan tempat ini, karena selain keren banget, orang yang datang kesini juga gak terlalu rame dan yang paling penting adalah aksesnya yang gampang banget.

Btw, tangga buat menuju ke pantai hanya sedikit banget, gak akan capek-capek seperti kita kalau mau ke Pantai Greenbowl atau Blue Point.

Tangga menuju Pantai Pura Geger

Pantai di bali berpasir putih, pantai pura geger

Air laut di Pantai Pura Geger jernih

Batuan karang di Pantai Pura Geger

Lokasi: Jalan Pura Geger, Nusa Dua, Kuta Selatan

Cara ke Pantai Pura Geger:
Pantai ini sangat mudah dijangkau, kalo kalian dari arah by pass, bisa langsung menuju ke Jalan Raya Nusa Dua. Nanti kalian pasti akan menemukan hotel mewah Mulia, setelah melewati Mulia belok kiri di Jalan Pura Geger, disana juga ada petanda jelas. Masuknya Rp.5000/orang, parkirannya juga luas.
Pantai ini cocok untuk berenang santai dan membawa anak kecil. Jangan sampe ketuker ya, karena sebelum Hotel Mulia ada juga Pantai Geger, nah kalau yang ini adalah Pantai Pura Geger, setelah Hotel Mulia. Tapi kalau kamu mau ke Pantai Geger (yang di Hotel Mulia) bisa juga jalan kaki lewat Pura Geger yang berada diatas pantainya.

Baca juga: Pantai Pura Geger bukan Pantai Geger

 

Nikko Beach – Pantai Nikko

Pantai ini adalah satu dari sekian banyak deretan pantai yang menjadi salah satu fasilitas hotel ternama yang ada di Bali. Pantai Nikko menjadi private beach para pengunjung hotel tersebut, tapi ada jalan yang menghubungkan kita dengan pantai ini tanpa harus masuk atau menginap di Nikko.

Pantai ini bagus banget, bersih dan berpasir putih. Disini juga banyak orang yang main surfing karena ombaknya cukup besar. Terus, saking privatenya, di pantai ini ada beberapa wisatawan asing yang berjemur dengan topless.

Pantai ini recommended banget, karena kebanyakan pantai bagus biasanya ada di Uluwatu atau Ungasan yang jaraknya lumayan jauh dari Kuta/Seminyak. Sekarang gak perlu jauh-jauh lagi kesana, karena pantai yang ada dideretan Nusa Dua ini juga gak kalah bagusnya dengan pantai-pantai didaerah tersebut. Tapi sama seperti kebanyakan pantai bagus lainnya, posisi pantai ini ada dibawah tebing yang cukup tinggi, jadi kalau mau kesini kita harus menuruni sekitar 100 lebih anak tangga.

Pantai Nikko dari atas

Pasir Pantai Nikko Bali

Puspa Siagian di Pantai Nikko Nusa Dua Bali
Pantai Nikko Nusa Dua Bali

Lokasi:
Grand Nikko Hotel
Jl. Raya Nusa Dua Selatan, Benoa, Bali.

Cara ke Pantai Nikko:
Letaknya persis disebelah sebelum pintu masuk Hotel Nikko, masuk ke jalan kecil (tapi masuk Mobil, disana juga ada parkiran)

Baca juga: Pantai Nikko, pantai paling indah di Nusa Dua Bali

 

Tegalwangi Beach – Pantai Tegalwangi

Pantai-pantai di Jimbaran memang kebanyakan tidak begitu terjamah oleh umum karena hampir semua pantai ‘diambil’ sama hotel. Maksudnya, pantai-pantai yang ada di Jimbaran kebanyakan menjadi fasilitas dan dikelola oleh hotel, jadi kalau mau main ke pantainya harus masuk dari hotel atau bahkan harus menjadi tamu hotel tersebut kayak Pantai Kubu di kompleks Ayana.

Tapi jangan sedih, seenggaknya ada pantai yang sejajar dengan Rock Bar yang sama-sama bagus dan bersih.

Baca juga: 5 akun instagram yang harus kamu follow sebelum liburan ke Bali

Pantai Tegalwangi persis berada di jajaran Rock Bar, tapi pantai ini gak termasuk kedalam wilayah Ayana. Arahnya sama dengan ke arah Ayana, yang membedakan, kalau Tegalwangi punya jalan sendiri di sebelahnya Ayana. Pantai ini bagus banget, bersih, sunsetnya juga bagus dan banyak karang-karang besar yang super keren kalau buat foto-foto.

Kekurangannya tuh, mau siang atau sore pantai ini pasti penuh dengan orang-orang yang foto pre-wedding. Jangan kaget, gak 1-2 pasangan yang foto-foto tapi sampai 5 pasangan lebih dengan spot yang beda-beda, padahal menurut saya pantai ini gak terlalu luas.

Saya suka kesal, karena mereka suka ngeblok spot/jalannya sendiri, agak aneh sih, karena saya pikir itukan pantai umum, saya juga gak tau mereka nyewa tempat disitu dengan biaya tertentu atau memang suka-suka mereka aja.

Yang lebih parahnya, waktu ketiga kalinya saya ke pantai ini, ada yang lagi nikah. Hampir setengah pantai ditutup, gak tanggung-tanggung dari jam 3 sore sampai jam 7 malam acaranya. Saya makin bingung disitu, tapi mau gimana lagi, untung pantainya bagus. Tapi pas keempat kalinya saya kesana lagi, pantai ini lagi sangat sepi, gak seperti biasanya. Kali ini saya bisa leluasa berenang dan leyeh-leyeh.

Oh ya, Pantai Tegalwangi ini juga terkenal dengan “private pool-nya” loh, banyak banget orang yang sengaja datang kesini untuk foto-foto di “kolam renang pribadi” yang langsung menyatu dengan laut itu. Sebenarnya sih, yang disebut private pool itu adalah bolongan-bolongan dari batu dan karang yang membentuk sebuah bulatan besar dan cukup dalam yang seakan-akan seperti kolam renang.

Tapi kalau kamu ingin berenang di pantai ini harus sangat berhati-hati, karena ombaknya cukup besar di sepanjang hari. Juga banyak peristiwa tidak mengenakan yang terjadi di pantai ini, tetap berhati-hati di manapun ya!

Pantai Tegalwangi Bali
Pantai Tegalwangi Bali
Sunset di pantai tegalwangi
Sunset di pantai tegalwangi
Private Pool Pantai Tegalwangi
Private Pool Pantai Tegalwangi

Lokasi: Jalan Tegalwangi, Jimbaran, Kuta Selatan

Cara ke Pantai Tegalwangi:
Pantai Tegalwangi terletak persis disebelah Kawasan Ayana, Jimbaran. Dari depan kompleks Ayana, belok kanan dan masuk ke Jalan Tegalwangi. Dari situ, ikutin jalan terus, gak begitu jauh dari jalan raya kok, parkirannya juga luas.

 

Bias Tugel Beach – Pantai Bias Tugel

Pulang dari Karangasem, saya dan temen-temen sengaja untuk main ke Pantai Bias Tugel. Karena saya mikir udah jauh banget main kedaerah timur Bali, kenapa nggak sekalian aja. Pantai ini terletak berdekatan dengan Pelabuhan Padang Bai. Suasana yang sibuk banget di pelabuhan, terasa beda banget pas kita ada di Bias Tugel.

Dari Pelabuhan, kita naik sekitar 3 kilometer pakai mobil dengan jalan yang berkelok-kelok. Untuk sampai ke pantainya, kita harus menuruni beberapa tangga yang sudah dibuat nyaman dan masuk sedikit kedalam hutan. Pantainya sama sekali nggak mengecewakan, banyak juga orang-orang yang snorkeling disini, mungkin karena airnya yang jernih.

Kalau mau nongkrong-nongkrong juga disini ada beberapa warung buat neduh. Pantainya gak begitu luas, tapi warna airnya bagus banget toska, biru muda dan kehijau-hijauan. Saya saranin buat kalian yang mau nunggu waktu nyebrang ke Lombok atau Gili, coba main ke Bias Tugel untuk menghabiskan waktu karena letaknya gak begitu jauh dari pelabuhan.

Pantai Bias Tugel

Suasana Pantai Bias Tugel

Pemandangan Pantai Bias Tugel

Lokasi: Padang Bai, Kecamatan Karangasem

Cara ke Pantai Bias Tugel:
Kalau kamu mau kesini, bisa lewatin pelabuhan Padang Bai, tempatnya agak terpencil, naik keatas bukit. Kalau gak mau nyasar, bisa tanya warga sekitar karena pantai ini cukup dikenal.

 

Virgin Beach – Pantai Perasi

Pantai Perasi atau White Sand Beach atau sekarang lebih eksis dengan nama Virgin Beach, merupakan pantai yang sangat dikenal dikawasan Karangasem. Kalau mau ke Virgin Beach bisa naik ojek, aksesnya cukup ekstrim, tapi seru banget.

Virgin Beach itu indah banget, meskipun pantainya gak terlalu luas, tapi airnya super jernih dan bersih, terus banyak yang snorkeling karena pemandangan bawah lautnya bagus dan sangat aman kalau mau berenang dipinggiran pantainya.

Pantai pasir putih virgin beach

virgin beach karangasem

Pantai Perasi atau virgin beach bali

Lokasi: Desa Perasi, Karangasem, Bali Timur

Cara ke Pantai Perasi (Virgin Beach)

Pantai Perasi bisa ditempuh dengan menggunakan ojek yang bisa kamu temui di depan pintu masuk sebelum Bukit Asah. Harga ojeknya Rp.10.000 – Rp.30.000, hati-hati karena jalannya cukup curam. Tapi jangan khawatir karena pemandangan yang didapat sangat bagus, dan jangan lewatkan pemandangan Gunung Agung dari jalan menuju kepantai ini.

Related Posts

Leave a Reply