Pertama Kali Nonton Konser Kpop di Singapura

Sampai sekarang kalo inget-inget saya pernah nonton konser Kpop kayak gak mungkin :)).

Saya tau Kpop pertama kalinya pas jaman SMA, sekitar tahun 2008an gitu. Dulu temen-temen saya pada ngefans banget sama Big Bang dan Girls Generation, sampe nonton konsernya, dll, sayangnya dulu saya gak ketularan ikut ngefans juga jadi sama sekali gak ngerti dan gak pernah dengar lagu-lagu Kpop.

Singkat cerita, setelah dulu gak pernah suka dengan alasan emang belum tertarik, akhirnya pecah telor lah di 10 tahun kemudiannya. Tiba-tiba gak tau dari mana awalnya saya jadi suka banget denger lagu Kpop dan nonton drama-drama Korea. Mulainya pas tahun 2018, tiba-tiba liat satu cuplikan Chanyeol EXO maen piano di Youtube terus jadi kepo dan keterusan sampe sekarang doyan sama EXO, LOLOLOLOL.

Sebenernya gak EXO doang sih, jujur saya malah awalnya sempet dengerin dulu K-hiphop baru kepoin ke girl/boy groupnya. Lama-lama semua yang didenger enak dan pada akhirnya sampailah pada tingkat ke kepoan yang paling maksimal yaitu pengen nonton livenya. Saya orangnya milih banget kalo nonton konser, bener-bener gak semua konser saya tonton, alesannya emang engga aja sih, jadi saya beneran nonton yang pengen saya tonton dan bener-bener bakal saya usahain banget sampe nonton.

Exploration in Singapore

Akhirnya di bulan Agustus 2019 lalu, keluar announcement kalo EXO bakal konser di Singapura. Gak tau kenapa tapi saya iseng dan coba-coba aja beli yang di Singapura, waktu itu mereka juga bakal konser di Bangkok, KL dan Jakarta. Tapi di Bangkok udah sold dibagian festival yang saya mau, terus yang Jakarta waktu itu agak simpang siur beritanya malah ada yang bilang juga gak jadi.

EXO - Authentic Happiness

Waktu itu saya coba beli lewat V*agogo, karena jujur gak pernah nonton Kpop dan gak ngerti sama sekali harus beli dimana, terus juga gak punya temen deket yang pernah nonton. Jadi, bermodalkan sok tau dan nekat, saya beli lewat V*agogo. Pokoknya waktu itu saya googling tiket EXO di Singapura dan keluar lah V*agogo jadi yaudah lah saya klik aja terus sampe akhirnya dapet. Setelah saya sadar sehabis beli, ternyata harga yang saya beli 2x lipat dari harga di website resmi mereka dan waktu itu bayarnya pakai Taiwan Dollar, masih gak tau kenapa karena masih gak paham juga sama V*agogo, tapi agak shock pas dirupiahin dan ngerasa bego juga kok gak cari tau dulu wkwk.

Gak lama habis beli, saya iseng cari keyword V*agogo di Twitter, dan tiba-tiba banyak banget berita yang gak ngenakin, salah satunya adalah penipuan pembelian tiket di sebuah konser di Jakarta waktu itu. Saya langsung panik dong, malah sampe nangis haha, dan waktu itu makin panik karena tiket saya gak dateng-dateng, padahal dibilangnya akan dateng paling lambat h-2 hari sebelum konser dimulai.

Waktu itu saya pergi ke Singapura h-1 hari konser dimulai. Akhirnya sampai saya pergi pun, tiket belum dateng juga, sampai saya telfonin kantor tiap malam karena saya kirim ke kantor waktu itu biar tetep ada yang terima 24 jam. Tiket pesawat PP dan hotel di Singapura udah saya pesan waktu itu, bener-bener tinggal berangkat aja tapi tiket masih belom ada di tangan juga.

Akhirnya saya nekatin aja berangkat dengan bermodalkan bukti pembelian tiket yang sebenernya saya tau ini gak bakal bisa ditukerin juga ntar pas di venue. Terus saya juga cari alternatif lain, saya coba cari-cari tiket cadangan lewat Twitter dan Instagram. Ada beberapa orang yang udah saya pegang waktu itu dan akan janjian di venue, tapi saya masih penasaran dengan tiket yang udah saya beli dan sayangnya dengan harga 2x lipat itu :(.

Exploration in Singapore - Authentic Happiness

Hari konser pun akhirnya dateng, dan akhirnya setelah drama email-emailan sama V*agogo dari semalem sebelum konser, saya dikirimin e-ticket juga di pagi buta pas hari konser. Tapi sayangnya karena banyak berita e-ticket palsu dan lain sebagianya, saya jadi ngerasa gak pede. Akhirnya pagi banget di hari konser saya pergi ke Singapore Indoor Stadium. Bener-bener campur aduk perasaan saya karena pergi ke venue konser tapi megang tiket yang belum pasti keasliannya. Sampai sana saya bingung juga karena saya pergi dari Bali sendiri, nonton pun sendiri pokoknya ini semua gak pernah saya lakuin dan semuanya serba sendiri haha.

Akhirnya saya coba tanya-tanya untungnya ada banyak orang Indonesia juga yang nonton dan saya mulai ceritain ke mereka satu-satu niatnya siapa tau ada pernah kaya saya, respon mereka ada yang kasian, ada yang kaget, ada yang bodo amat dan akhirnya ada satu yang baik banget, namanya Kak Dianne. Dia beneran nemenin saya, kita baru kenalan pas hari itu dan langsung mau bantuin saya. Dia pemain lama di dunia per-Kpop-an, apalagi EXO, dan dia juga udah beberapa kali nonton konsernya, jadi paham banget sama semuanya. Dia sampe tanya ke temen-temennya lewat Twitter dan grup Whatsapp siapa tau masih ada tiket cadangan, terus dia juga bantu tanya ke petugas tentang keaslian tiket yang saya punya.

Singkat cerita, e-ticket yang saya punya dari V*agogo gak bisa di tuker ke tiket asli, karena saya beli dari penjual (yang orang Taiwan itu), jadi kalau mau nuker saya harus bawa KTP aslinya. Jalan satu-satunya saya harus antre sampai pintu masuk dan langsung scan barcode yang ada di e-ticket saya. Saya bener-bener capek dan udah agak nyerah waktu itu, udah nanya dan antre bolak-balik ke hampir 5 petugas lebih disana dan mereka gak bisa bantu untuk cek keasliannya jadi harus tetep antre, dan siap-siap di kick kalau ternyata tiket saya ini emang palsu. Buruknya lagi saya gak pegang tiket cadangan karena saya juga udah males ngeluarin uang dan yang jual disana harganya juga sama-sama gila. Akhirnya saya pisah sama Kak Dianne karena dia dapet nomor urut bagian depan, dan saya agak dibelakang.

Setelah ngantre lama banget dengan perasaan campur aduk dan sebenernya udah pengen nangis dipojokkan karena udah super capek, akhirnya antrean saya dibuka juga dan kita disuruh masuk secara teratur oleh petugas. Jujur pas masuk, security check, dan cek-cek lainnya, badan udah lemes banget dan otak gak karuan bawaannya pengen cepet-cepet masuk aja. Akhirnya saya sampai di pos paling akhir dan disuruh tunjukkin e-ticket yang ada di HP, disini udah pasrah dan berdoa banget semoga saya bisa masuk, dan ternyataaaaaaaaaaaa, barcodenya bisa di scan dan saya akhirnya masuk ke dalem venue :((((((((.

Exploration in Singapore - Authentic Happiness

Proses scan barcodenya secepet itu, saya langsung lari masuk kedalem terus karena waktu itu saya sendirian, jadi saya cuma ketawa-ketawa sendiri aja saking kesenengannya, dan langsung selfie didalam venue terus langsung kirimin ke temen saya, Zara & Giga yang waktu itu saya recokin dan telfonin terus pas lagi panik. Gilaaaa, perasaannya kayak abis lulus ujian man :))).

Akhirnya yang dinanti dateng juga, saya berdesakan sendiri, nyanyi, joget-joget sendiri dan se-seneng itu karena akhirnya liat dan denger secara live semua. Gak nyangka kalau hari itu bener-bener kejadian, dan lebih happynya lagi karena hari itu adalah hari ulang tahun saya, mehehe.

Pulangnya langsung ketemu lagi sama Kak Dianne, sama-sama seneng, sama-sama excited, sama-sama cerita gak selesai-selesai sampai akhirnya kita pisah karena hotel kita beda arah.

FYI, tiket fisik yang dikirim dari Taiwan akhirnya sampe pas beberapa hari saya udah balik lagi ke Bali, zzz.

Haaaaa, bener-bener semuanya pengalaman berharga dan kocak juga. Akhirnya bisa nyeritain ini setelah hampir setahun yang lalu. Sumpah saya gak nyesel sih ke Singapura waktu itu, meskipun dengan minim info, kebodohan, ke sok tauan saya, dan minim pengetahuan tentang Kpop, tapi ternyata banyak orang baik yang mau bantu saya waktu itu. Tapi tetep aja sih, ada baiknya sebelum pergi dan book semua, kita cari tau dulu, seenggaknya kita beli tiket konser di website resminya, jadi gak bakal deg-degan kaya saya, haha. Super makasih buat Kak Dianne yang udah bantuin dan nemenin makan siang juga, semoga kita bisa nonton konser EXO lagi ya Kak <3.

1 Response
  1. Wah seru banget bisa nonton Exo secara langsung. Waktu itu saya ke SG hanya untuk nonton dan Taeyon dan tidak bisa lama-lama di SG karena harus melanjutkan pekerjaan.

Oh yah kak, jika kakak berminat untuk membagikan kisah kakak di berbagai website, jangan lupa mengunjungi web kami, ya!