Review : 18 Cafe di Seminyak Bali

Jaman sekarang, wisatawan yang liburan gak selalu datang ke sebuah kota untuk lihat sejarahnya, mengunjungi tempat ikoniknya, ataupun melakukan hal-hal yang bersifat hiburan lainnya. Kamu pernah dengar kata island hopping? Island hopping adalah mengunjungi satu pulau ke pulau lain (banyak pulau) memakai perahu, biasanya kita melakukan island hopping ketika mengunjungi The Gilis atau Kepulauan Seribu. Nah kali ini saya tidak akan bahas tentang island hopping, tapi ada istilah baru yang lagi happening banget khususnya dikalangan anak muda dan IGers (pengguna Instagram) yaitu cafe hopping. Ya, sama seperti island hopping, cafe hopping itu bisa diartikan seperti mengunjungi beberapa cafe sekaligus atau mengunjungi satu cafe ke cafe lain secara marathon atau jumper, dalam sehari kita bisa ke 3 atau 4 cafe sekaligus.
Pertanyannya, apa yang dicari? Kalau pandangan saya cafe hopping gak ada salahnya. Kita bisa tahu tentang konsep dan apa aja sih yang sebenarnya ‘dijual’ oleh cafe tersebut. Sekarang, cafe yang eskis di media sosial ataupun yang diperbincangkan banyak orang bukan hanya karena makanan atau kopinya enak, tapi orang sekarang datang lebih menilai kepada konsep dan keunikan dari sebuah cafe. Cafe dan pengaruh Instagram? Ada juga istilah yang ramai saat ini, Instagrammable yaitu spot atau letak terbaik untuk di foto dan diposting ke Instagram. Saya sendiri suka cafe hopping alasannya supaya tahu apa aja yang unik dari cafe-cafe yang saya kunjungi. Saya juga gak melewatkan kalau ada spot yang bagus pasti akan saya foto dan diposting ke Instagram. Kalau dipikir lagi, orang yang datang ke sebuah cafe gak ada salahnya banget kalau foto-foto. Sekarang media sosial gampang banget untuk dijamah. Hampir semua orang bisa menggunakan dan mengakses media sosial apapun. Foto dan media sosial sekarang bisa jadi satu senjata untuk marketing sebuah tempat atau ajang promosi untuk memengaruhi orang supaya datang ke tempat-tempat baru.
Bandung, Surabaya dan Bali mungkin menjadi kota yang sekarang lagi banyak diperbincangkan karena ada beberapa cafe yang lagi happening banget di media sosial. Tapi sekarang saya akan bagi cerita tentang cafe-cafe yang ada di Bali saja, khususnya di kawasan Seminyak. Karena Seminyak adalah kawasan yang menurut saya cocok banget untuk anak muda dan wisatawan yang suka cafe hopping.

1. Livingstone Bakery

Cafe yang menawarkan spesialis bakery ini menjadi buruan orang-orang untuk sarapan. Selain bakerynya bervariasi, rasanya juga enak banget seperti roti semangka dan cheese croissantnya. Roti-rotinya fresh from the oven, plus suasananya juga seru dan cocok banget untuk sarapan. Harga kisaran untuk breakfast setnya sekitar 90.000rp, tapi porsinya cukup banyak.
Konsep cafenya modern banget dan sangat ke-anak-muda-an. Kamu bisa temuin banyak wisatawan yang biasanya datang dari Jakarta atau Bandung nongkrong disini karena tempat ini cukup dikenal terlebih di media sosial.
Jalan Petitenget No. 88 x
Kerobokan, Bali
Daily: 07.00 – 22.00
@livingstonebakery

2. Buro Concept Store & Coffee

Cafe yang satu bangunan dengan Living Stone ini juga lagi happening banget dikalangan anak-anak muda. Cafe ini terhitung baru dan langsung terdengar kemana-kemana pada pertengahan tahun 2015 ini. Kalau Living Stone cocok untuk sarapan dan makan roti atau dessert. Berbeda dengan Buro yang lebih cocok untuk tempat ngopi, karena mereka menawarkan berbagai jenis kopi yang bisa kamu coba.
Buro terletak di lantai 2, plus disini juga ada concept store yang menjual pakaian, jam dan kacamata merk-merk internasional maupun premium lokal. Nah kalau tadi saya bilang salah satu tujuan cafe hopping untuk foto-foto, Buro adalah salah satu spot yang cocok banget dan sangat instagrammable haha
Jalan Petitenget No. 88 x (above Living Stone)
Kerobokan, Bali
Daily: 08.00 – 22.00
@burobali

3. Home Mate

Gak jauh dari Living Stone dan Buro, kamu bisa menemukan suasana yang beda banget dengan cafe sebelumnya. Tenang, wangi dan kecil yang terkesan lebih friendly mewakilkan image dari cafe ini. Meskipun tempatnya mungil, kamu tetap bisa mencoba suasana sarapannya dengan menu-menu andalan mereka seperti granola dan pancakenya, gak lupa ditemani secangkir teh atau kopi. Selain itu kamu juga bisa melihat dan membeli barang-barang unik yang dijual di Home Mate seperti home decor dan bath & body skincare.
Jalan Petitenget No. 1 A
Seminyak, Bali
Daily: 07.30 – 22.30
@homematestore

4. Mase Kitchen & Bar

Ini adalah tempat baru kesukaan saya kalau datang ke Bali. Waktu kemarin saya sebulan di Bali, saya datang pada hari pertama saya sampai dan hari terakhir saya mau pulang ke Bandung. Lucu ya, gak di rencanakan sama sekali. Saya suka banget sama Mase, sangat pas untuk kebutuhan saya. Cafe ini cocok banget untuk mengerjakan urusan-urusan saya, keadaan cafenya santai dan tenang. Lalu harganya pun terjangkau, saya suka dengan semua jus segar yang ada disini. Meskipun Mase menawarkan speciality coffee dari Ippolito, tapi sayang banget saya gak suka kopi.
Disini juga tersedia berbagai jenis wine yang bisa kamu coba. Yang paling saya suka adalah Mase punya kolam renang. Sebenarnya ini kolam renang milik Maca Villas & Spa, villa yang terletak bersebelahan dengan Mase, tapi kita juga bisa berenang sepuasnya disini tanpa minumum payment. Sebenarnya bukan masalah gak ada minimum payment kalau mau berenang, tapi yang saya suka adalah suasananya yang tenang banget dan rindang. Jadi kalau lagi panas terik kamu gak usah takut hitam kalau berenang disini.
Jalan Lebak Sari No. 7
Petitenget, Seminyak, Bali
Daily: 24 jam (kolam renang hanya sampai jam 19.00)
@masekitchenandwinebar

5. Mano Sea Side

Mungkin karena tempatnya yang ngumpet menjadikan tempat ini tidak begitu banyak dikenal oleh wisatawan atau pengunjung. Sayang banget padahal Mano adalah cafe dan resto yang bagus dan tepat untuk menghabiskan waktu kamu menunggu sunset di Pantai Petitenget. Bukan hal yang tabu kalau keramaian di Pantai Kuta, Pantai Seminyak dan Pantai Doublesix membawa pemandangan sunset yang super keren setiap harinya. Saya sendiri tidak pernah menghindar untuk sunsetan ditempat (yang kata orang) mainstream tersebut, karena sunset di jajaran pantai diatas memang keren.
Mano menawarkan pemandangan yang indah yang punya akses langsung ke pantai sekaligus makanan yang enak. Saya pernah coba fish and chipsnya yang cukup enak, harganya juga terjangkau, untuk makanan mulai dari 25.000rp. Kalau kamu bingung dimana letak Mano, kamu bisa masuk dari central parking di Jalan Petitenget letaknya persis disebelah Petitenget Restaurant dan didepan Pura Petitenget.
Jalan Petitenget (Pantai Petitenget)
Seminyak, Bali
Daily: 07.00 – 23.00
@mano_seaside

6. Pison Coffee

Hampir sama dengan kebanyakan cafe yang biasa kita temui, konsep industrial dan menu spesialnya kopi. Kesan pertama datang kesini biasa aja, karena saya sering mendatangi cafe setipe di beberapa kota. Tapi makin lama, saya kok makin sering kesini. Tempatnya biasa, tapi cocok banget kalau mau ketemu teman, mau ngobrol-ngobrol ataupun laptopan. Karena tempatnya yang sederhana malah bikin saya terus-terusan datang kesini. Malah kalau mau ketemu teman pun saya selalu mengajak kesini.
Ada menu yang spesial banget disini, kamu harus coba nasi gorengnya yang super enak. Untuk harga nasi gorengnya sekitar 65.000rp/porsi.
Jalan Petitenget No. 19
Seminyak, Bali
Daily: 08.00 – 24.00

7. Revolver Espresso

Sebelumnya saya pernah posting tentang Revolver di tahun 2014 dalam tulisan saya Calling All Coffee Lovers. Saya sengaja tulis lagi tentang tempat ini karena sampai sekarang masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kopi dari manapun yang datang ke kawasan Seminyak. Selain kesuksesannya membuka speciality coffee di beberapa cafe seperti Corner House Seminyak dan Watercress di Batu Belig, Revolver juga sekarang menyediakan tempat kecil bernama Baby Revolver untuk pelayanan take away coffee atau coffee to go di Jalan Petitenget.
Jalan Kayu Aya No.3 (Revolver Espresso)
Seminyak, Bali
Jalan Petitenget No. 102 (Baby Revolver)
Seminyak, Bali
Daily: 08.00 – 18.00
@revolverespresso

8. Saigon Street Bali

Masuk kedalam cafe terbaru ditahun 2015, menjadikan Saigon Street ramai dikunjungi oleh pengunjung dari mana pun. Mengusung konsep makanan otentik Vietnam, Saigon menjadi cafe yang jarang ditemukan di kawasan Seminyak yang menawarkan makanan Vietnam yang biasanya identik dengan seafood seperti Shrimp Summer Roll. Kamu bisa coba makan ala Vietnam disini, biasanya ada dinner set atau lunch set. Harga untuk makanannya cukup mahal, tapi rasanya lumayan otentik.
Jalan Petitenget No. 77 X
Seminyak, Bali
Daily: 11.00 – 01.00
@saigonstreetbali

9. Mya Bar & Restaurant

Mya adalah cafe yang masih fresh banget. Terhubung langsung dengan Dash Hotel Seminyak di Jalan Petitenget yang berdeketan dengan Potato Head, menjadikan Mya ramai didatangi oleh para pengunjung. Kesan pertama lihat cafe ini unik banget dengan lukisan-lukisan wanita yang ada di setiap dinding cafe ini. Lalu lampu-lampu dan dekorasinya juga gak kalah unik, seperti kumpulan pistol plastik yang dicat berwarna-warni dan kumpulan radio tua yang dijadikan dekorasi dinding.
Selain untuk ngopi, cafe ini juga banyak didatangi pada saat makan malam karena mereka punya menu spesial yang bisa memanjakan kamu pada saat makan malam. Gak lupa, disini juga ada berbagai macam wine yang bisa kamu coba serta cocktailsnya yang segar.
Jalan Petitenget (Dash Hotel Seminyak)
Seminyak, Bali
Daily: 08.00 – 23.00
@mya_restaurant @dashbali

10. Khaima Bali

Saya suka banget pas pertama datang ke cafe ini. Sudah lama mengincar Khaima untuk disinggahi tapi belum sempat dan akhirnya liburan 2015 kemarin saya baru bisa mampir kesini. Saya kaget dengan harganya, ternyata untuk ukuran cafe seperti ini tergolong murah. Namun bukan itu yang bikin saya suka dengan cafe ini tapi konsepnya yang semua terbuat dari kayu. Dari mulai interior, eksterior sampai tempat-tempat penyajiannya, semuanya unik! (saking excitednya saya gak sempat foto-foto, LOL)
Jalan Kayu Aya
Seminyak, Bali
Daily: 11.00 – 24.00
@khaimabali
Photo credit by khaimabali.com

11. The Library Coffee

Cafe yang mungil ini terletak di jalanan utama Seminyak. Meskipun tempatnya yang mungil, namun cafe ini selalu dipenuhi pengunjung apalagi pada jam makan malam. Selain makanannya yang enak, minuman disini juga enak dan segar seperti smoothies dan healthy juicenya. Untuk yang suka kopi, jangan lewatkan kopi spesial buatan mereka yang ditawarkan oleh The Library coffee ini. Untuk harga minumannya dari 25.000rp sampai 45.000rp.
Jalan Kayu Aya No. 50
Seminyak, Bali
Daily: 08.00 – 23.00
@thecoffeelibrary

12. Char Char Bar & Grill

Restoran ini termasuk baru dan langsung ramai didatangi dan diperbincangkan oleh banyak orang. Pertama, konsep dari tempat ini eye catching banget. Terletak di jalan utama Seminyak, cafe dan resto ini punya konsep seperti kursi di stadion yang vertikal dengan pemandangan yang langsung menghadap ke jalan raya. Kedua, makanan disini enak-enak banget.
Saya dan teman-teman pernah tiga kali berturut-turut dalam seminggu mengunjungi tempat ini. Makanannya bikin nagih, apalagi ikan-ikan yang di grillnya segar-segar banget. Ketiga, Harganya murah banget. Menurut saya sangat murah dan terjangkau untuk level fine dining dan dengan konsep cafe yang cukup fancy. Murah juga bukan berarti murahan, tapi cukup terjangkau dengan hidangan yang disediakan. Kamu juga bisa mencoba menu dinner set, harganya 160.000rp ++, kamu bisa dapat appetizer, main course, dessert sampai dengan segelas wine.
Jalan Kayu Aya
Seminyak, Bali
Daily: 11.00 – 23.00
@charcharbarandgrill

13. Soho 24h Diner

Mungkin sulit mencari cafe yang buka 24 jam di kawasan Seminyak. Rata-rata tutupnya jam 10.00 sampai dengan 12.00 malam. Tapi jangan khawatir, untuk kamu yang mau makan atau sekedar nongkrong dengan waktu yang tanpa batas, bisa datang ke Soho karena buka setiap hari selama 24 jam. Kamu juga bisa menyaksikan live band dihari-hari tertentu. Dulu saya suka banget nongkrong disini karena lagu-lagu yang dibawakan oleh bandnya enak-enak, selain itu anggota bandnya juga friendly banget karena setiap break untuk istirahat mereka mendatangi meja kami, berkenalan dan ngobrol-ngobrol, seru!
Selain itu, makananya juga enak-enak seperti burger. Harganya terjangkau, untuk minum kopi atau smoothies kisaran 25.000rp – 40.000rp.
Jalan Laksmana Oberoi No. 12 x
Seminyak, Bali
Daily: 24 jam

14. Earth Cafe

Untuk penggemar makanan organik, makanan sehat atau vegetarian, kamu harus coba cafe yang paling eksis di Seminyak yaitu Earth Cafe. Saya suka dengan konsep cafenya yang down to earth banget, hampir semua cara penyajian dan makanannya pun diproduksi dengan baik. Selain makan sehat, kamu juga bisa berbelanja karena disini ada Earth Market yang menjual makanan-makanan organik seperti kacang-kacangan, vegan protein powders dan lain sebagainya.
Jalan Lasmana Oberoi No. 99
Seminyak, Bali
Daily: 07.00 – 23.00
@downtoearthbali

15. Baraonda Restaurant

Saya termasuk orang yang selalu main ke daerah Seminyak, cafe yang terletak dari ujung Jalan Kayu Aya sampai dengan Petitenget mungkin sudah pernah sekali dua kali dikunjungi. Tapi saya jarang banget nongkrong di cafe-cafe yang terletak di Jalan Drupadi. Waktu itu saya gak sengaja lagi menginap di Harris Seminyak yang letaknya di Jalan Drupadi.  Selama tiga hari saya jalan kaki disekitaran hotel, biasanya saya kedaerah sini cuma mau makan di KZU aja, tapi gak sengaja saya nyoba makan malam di Baraonda.
Baraonda adalah resto yang menyajikan makanan Italia, yang punyanya juga asli orang Italia. Makanannya cukup otentik, saya nyoba pizzanya dengan taburan keju dan bacon yang cukup enak menurut saya. Harganya pun standar, sekitar 50.000rp – 75.000rp untuk pizza, dan ada menu lain yang bisa kamu coba disini seperti pastanya. Selain bisa makan malam, kamu juga bisa coba aneka minumannya juga ada meja billiardnya dilantai dua restoran.
Jalan Drupadi No. 55
Seminyak, Bali
Daily : 04.30pm – 12.30am
@baraondabali

16. Ingka Restaurant

Kalau kata orang, suasana gini susah didapat ditengah kota jaman sekarang. Hampir sama dengan postingan saya tentang Nook Cafe yang terletak di Umalas, Ingka juga menjadi restoran yang sedang gemar didatangi oleh wisatawan. Karena suasananya yang teduh dan hijau banget, membuat restoran ini menjadi salah satu tempat baru yang harus dikunjungi kalau kamu cafe hopping di Bali. Selain tempatnya seru, Ingka juga instagrammable banget loh :))
Menunya standar seperti restoran pada umumnya, breakfast sampai dinner bisa dicoba disini. Seperti biasa, saya suka banget mesan jus, kamu bisa coba Banana Juicenya yang segar banget disini.
Jalan Mertanadi No. 80
Kerobokan, Bali
Daily: 08.00 – 23.00
@ingkabali

17. Grocer and Grind

Cafe ini punya banyak cabang di penjuru Bali. Kamu gak cuma bisa menemui Grocer and Grind di Seminyak, tapi bisa juga di Jimbaran sebelah Kupu-kupu Jimbaran atau di Sanur. Sebelum kesini, saya agak bingung kenapa cafe ini ada disetiap kawasan di Bali dan selalu terlihat penuh. Akhirnya saya coba yang di Seminyak pas jam makan siang dan penuh juga. Mungkin karena cafe ini menawarkan banyak pilihan untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Mereka juga kebanyakan menjual makanan western seperti Burger Rocks dan Salad yang banyak peminatnya.
Jalan Kayu Jati No. 3 X
Kerobokan, Bali
Daily: 07.00 – 22.00
@grocerandgrind

18. The Straw Hut

Cafe yang letaknya agak di ‘pedalaman’ Seminyak ini tidak menyurutkan minat pengunjung untuk datang kesini. Memang agak sulit dicari karena tidak berada dijalanan utama Seminyak, tapi kalau kamu mau kesini sebenarnya gampang banget. Kamu bisa masuk dari jalan kecil yang ada disebelahnya Ku De Ta, sebenarnya jalanan ini juga cukup ramai karena biasa dijadikan jalan alternatif dari Jalan Kayu Aya yang tembus langsung ke Jalan Dhyana Pura.
Straw Hut tempatnya adem, ada kolam renang juga disini. Kamu bisa santai-santai dibawah pohon rindang pada saat panas terik. Gak cuma buat santai, Straw Hut juga biasanya dijadikan sebagai tempat manggung oleh beberapa band atau dj pada hari-hari tertentu. Biasanya ada acara pada hari Jumat atau Sabtu malam. Waktu saya kesini juga kebetulan ada Endah n Rhesa yang lagi manggung di Straw Hut.
Jalan Sari Dewi No. 17
Seminyak, Bali
Daily: 07.00 – 23.00
@thestrawhut
Baca juga postingan saya sebelumnya tentang cafe-cafe yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan paling eksis di media sosial Review Cafe di Bali
Selamat mencoba cafe hopping teman-teman 😀

Related Posts

Leave a Reply