Road Trip : Kuala Lumpur – Melaka – Singapura

Road trip ini sebenernya sudah pernah saya lakukan sebelumnya, bedanya setahun lalu rute saya hanya Singapore – Kuala Lumpur. Kali ini saya menyisipkan Melaka hanya satu malam saja untuk dikunjungi.

Perjalanan ini dimulai dari Bandung. Februari lalu kebetulan saya dapet tiket promo Air Asia super murah untuk pergi ke Kuala Lumpur pada bulan Oktober, harganya sekitar Rp.100.000 aja!!! Dari Kuala Lumpur, saya pergi ke Melaka, waktu yang ditempuh hanya 2 jam menggunakan bus. Untuk informasi, kalau kamu mau road trip di Malaysia itu sangat memungkinkan, karena bus-bus yang disediakan punya banyak pilihan dan bagus-bagus meskipun harganya murah, tapi semua busnya ber-ac dan bersih. Selain fasilitasnya yang memadai, destinasinya juga banyak, diantaranya kamu bisa ke Penang, Johor Bahru, Melaka atau Singapura.

Terminal Bersepadu Selatan, Kuala Lumpur
Ruang tunggu bus

Kalau mau naik bus, kamu bisa datang langsung ke TBS atau Terminal Bersepadu Selatan. Kamu bisa naik monorail dari pusat kota atau dari Bukit Bintang dan langsung turun di terminalnya. Terminal Bus ini keren banget lho kayak Bandara, kalau mau beli tiket juga gampang banget konternya banyak dan bisa milih sendiri bus dan destinasi sesuai keinginan. Kemarin saya bayar bus untuk Kuala Lumpur ke Melaka hanya RM10 atau sekitar Rp.36.000, busnya sama sekali tidak mengecewakan. Lalu, beli tiket busnya juga bisa langsung ditempat dan dadakan, saya beli tiket bus setengah jam sebelum keberangkatan.

Dari Kuala Lumpur, bus berhenti di Melaka Sentral. Terminal ini juga cukup bagus, lalu kalau mau ke kota, kita akan dipermudah dengan bus kota yang murah dan nyaman sesuai dengan tujuan kita. Di Melaka, saya turun persis didepan sang ikon Gereja Merah, lalu jalan menyusuri Jonker street. Toko-toko dan restoran disepanjang Jalan Jonker ini kalau hari biasa tutup jam 6 sore, tapi di akhir pekan, terdapat festival makanan.

Bus Melaka-Singapura

Dari Melaka, saya melanjutkan perjalanan ke Singapura. Dari hotel di Jonker street, saya naik bus kota lagi ke Melaka Sentral, dan langsung beli tiket untuk keberangkatan yang paling cepat. Saya berangkat pukul 13.00 perjalanan memakan waktu kurang lebih 5 jam karena berhenti dulu di Johor Bahru dan Terminal Larkin untuk menurunkan penumpang.

Saya yang seharusnya tiba di Singapura sekitar pukul 18.00, ternyata lebih 2 jam karena pas masuk imigrasi Singapura, teman saya agak bermasalah dengan paspornya, jadi dia harus ditahan sekitar 40 menit baru melanjutkan perjalanan. Berhubung teman saya bermasalah dengan imigrasi jadi saya ditinggalin oleh bus yang saya pakai dari Melaka, setelah bingung cari bus diparkiran ternyata pas lihat tiket busnya, disana tertera bahwa bus akan meninggalkan penumpang bila penumpang tinggal lebih dari 20 menit dari waktu pas turun ke imigrasi. Padahal harusnya saya turun di MRT dekat Paya Lebar, jadi kesialan saya yang kedua adalah harus naik bus ke stasiun MRT paling dekat yaitu Kranji (yang terletak di ujung negara ini), lalu meneruskan perjalanan menggunakan kereta ke pusat kota.

Baca juga tulisan saya tentang 24 Jam di Melaka

Info :

  • Monorail ke TBS RM2.5 (dari Bukit Bintang)
  • Bus Kuala Lumpur ke Melaka RM10 (perjalanan 2 jam)
  • Bus-bus ini tersedia setiap jam, harga pun bervariasi.
  • Bus Melaka ke Singapura SGD 10 (perjalanan 5 jam)
  • Untuk cek harga dan jadwal keberangkatan bisa dilihat di http://www.busonlineticket.com/
  • Semua kondisi bus sangat baik dan nyaman (meskipun harga yang paling murah).

Selamat berlibur!

Related Posts

Leave a Reply