Road Trip Lintas Negara Pakai Bus

Halo semuanya!

Gak kerasa pandemi udah lewat setahun bahkan hampir 1,5 tahun setengah aja ya semenjak bulan Maret – April 2020 lalu. Gimana kabar kamu semua? Semoga kita semua selalu sehat dan semoga juga udah pada vaksin ya. Jujur saya udah jenuh banget di rumah, tapi saya yakin saya gak sendiri merasakan kejenuhan ini hehe. Dari trip terakhir saya ke Eropa di bulan Januari 2020 lalu, saya bener-bener gak pernah kemana-mana lagi selama setahun kebelakang ini. Saya udah gak sabar banget pengen jalan-jalan lagi. Apalagi di tahun 2020-2021 ini banyak banget rencana jalan-jalan saya yang ke cancel, salah dua-nya ke Korea dan Perth. Padahal trip itu udah direncanain dari jauh-jauh hari, tiket pesawat dan hotel pun udah ke book, tapi karena kita semua lagi ada dalam situasi sekarang ini, jadi saya juga bisa ngerti dan mengikhlaskan. Kalian juga pasti sama-sama udah gak sabar dong pengen mulai liburan lagi, ngerencanain trip, dari pesen tiket pesawat, kereta, bus atau transportasi lainnya. Hal yang gak kalah seru yang bikin kangen juga yaitu bikin itinerary, budgeting, dan lain sebagainya.

Ngomongin soal jalan-jalan, saya juga sebenernya udah lama gak nulis tentang jalan-jalan disini. Karena saya lagi tiba-tiba kangen banget traveling dan kepikiran kalau ntar udah bisa trip lagi, saya pengen banget road trip pake mobil atau bus kaya yang dulu beberapa kali pernah saya lakuin. Banyak orang mikir kalo traveling pake bus itu membosankan dan banyak makan waktu. Saya malah mikir sebaliknya, kalo road trip itu kita memang harus sediain waktu lebih ya untuk perjalanan, kalau cuma short trip dan kamu milih road trip memang bukan pilihan yang tepat. Lalu, kalau ada yang bilang traveling pakai mobil atau bus itu ngebosanin, malah gak sama sekali. Saya justru nikmati banget kalau trip pakai bus karena lebih nyaman, leluasa, praktis, bisa lihat pemandangan, bisa berhenti sesuka hati, dan yang pasti harganya cukup terjangkau dibandingkan moda transportasi lainnya. Kali ini saya pengin cerita sedikit tentang pengalaman-pengalaman saya waktu road trip yang kebanyakannya pakai bus dan yang paling sering kalau traveling di luar negeri.

Negara-negara di Asia khususnya Asia Tenggara adalah negara yang cocok dan bisa banget kamu rencanakan kalau mau road trip. Dulu saya paling sering road trip dari Kuala Lumpur ke Singapura atau sebaliknya. Sampai pernah suatu waktu saya dikira mau kerja ilegal pas di Malaysia karena keseringan bolak-balik, lol, padahal memang saya bolak-balik pun liburan sama keluarga dan temen-temen secara bergatian haha.

 

Kedua,  saya pernah juga road trip pakai bus di Vietnam, dari Kota Ho Chi Minh ke pulau Nha Trang.

authentichappinessblog

Jujur ini road trip paling seru sih karena waktu itu saya baru pertama kali naik overnight sleeping bus. Sumpah busnya nyaman banget dan super bersih. Dari Ho Chi Ming ke Nha Trang jaraknya cukup lama, kira-kira 7,5 sampai 8 jam, tapi karena overnight bus, jadi kita pergi malam dan bisa tidur sepanjang malam di bus, besok paginya sampe dan kondisi badan udah segar banget.

overnight sleeping bus vietnam

Ketiga, road trip pakai bus yang seru juga waktu saya pergi ke Phnom Penh, Kamboja dari Ho Chi Minh.

authentichappinessblog

Ini juga pertama kalinya buat saya karena dulu belum pernah naik bus yang lintas negara, cuma lintas kota aja biasanya. Jaraknya juga standar sih, waktu tempuhnya sekitar 6,5 jam dan lebih. Nah karena jalur darat beda sama kereta atau pesawat, jadi kemacetan juga harus diperhitungkan ya. Menurut saya macet adalah satu-satunya kekurangan pas kita pakai moda transportasi darat. Tapi waktu saya road trip KL – Melaka, rata-rata perjalannya habis di tol aja jadi kita bisa terbebas dari macet.

authentichappinessblog

Keempat, tentunya road trip di Thailand. Waktu itu memang gak jauh sampai ke Phuket sih karena waktu dan kondisi yang kurang memungkinkan. Jadi saya naik private mini van dari Bangkok ke Pattaya aja yang jaraknya cukup dekat, kurang lebih jarak tempuhnya kaya Bandung-Jakarta. Nah road trip di Thailand juga cukup terkenal loh, karena peminatnya banyak banget. Mungkin karena rutenya yang mudah ditempuh menggunakan bus, jadi traveler yang berkunjung rata-rata memilih bus sebagai moda transportasinya. Oh ya, road trip pakai bus mengelilingi negara-negara Asia Tenggara juga banyak peminatnya loh. Misalnya kamu bisa start dari Malaysia, terus ke Bangkok, dari Bangkok bisa nerusin ke Vietnam, Kamboja, dan seterusnya.

Selain itu trip-trip yang saya pernah jalani pakai bus juga kebanyakan waktu di Jepang, karena mudah banget dan terjangkau. Mudah karena saya gak harus naik turun kereta, terus saya juga bisa istirahat di rest area. Terakhir yang paling berkesan pastinya road trip keliling Eropa pakai bus. Trip ini memang umum banget ya, tapi jujur deh menghabiskan hampir 2 minggu, dari Amsterdam ke Roma pakai bus bener-bener seru banget. Kalau ditanya bosan atau capek gak? Jawabannya sama sekali enggak, karena saya menikmati setiap perjalanan dan yang paling penting kalau kita naik bus atau kendaraan darat lainnya, kita bisa nikmati pemandangannya.

authentichappinessblog road trip

Ngomong-ngomong soal rencana traveling, balik lagi ke tahun 2012 waktu saya pertama kali mengunjungi Vietnam, saya hanya bisa beli tiket online itu untuk pesawat aja. Saat itu platform untuk booking transportasi sangat amat terbatas, jadi sejujurnya kendala saya waktu itu harus bolak-balik ke kantor travel setiap saya mau ngetrip. Waktu saya di Vietnam, setiap saya mau trip pakai bus, saya harus datangi kantornya di pusat kota untuk beli tiket, atau gak jarang saya langsung beli tiket di hari H dan langsung berangkat di hari yang sama.

bookaway road trip

Nah kalau sekarang tentu gak usah ribet lagi dong kaya saya dulu harus bolak-balik ke kantor travel. Kalau nanti pintu pariwisata sudah dibuka dan buat kita-kita ini yang udah kelaperan traveling apalagi road trip, kamu bisa dengan mudah booking tiket bus untuk road trip melalui bookaway. Bookaway adalah suatu platform yang akan memudahkan kamu untuk booking moda tranportasi secara online dengan rute yang tersebar hampir di seluruh dunia yang bisa kamu akses melalui aplilasi atau situsnya bookaway.com. Selain booking tourist bus, kamu juga bisa booking private mini van, kapal ferry sampai dengan tiket kereta. Bookaway akan memudahkan kamu dalam merencanakan traveling kamu nanti. Karena di suatu negara kamu bisa pakai kombinasi bus, kereta atau bahkan ferry dalam satu trip, maka gak usah ribet lagi karena bookaway adalah platform one stop shopping yang akan membantu memenuhi kebutuhan kamu saat traveling.

Jadi gak usah khawatir lagi kamu harus bolak balik aplikasi berbeda untuk booking tiket transportasi kamu. Buat kamu yang sudah punya rencana perjalanan atau yang baru akan merencanakan perjalanan kamu bisa banget booking in advance perjalananmu biar tetap aman dan terkendali melalui bookaway, kamu akan dibantu pesan secara online langsung ke operator lokal di setiap negara untuk dapatkan tiket kamu.

Bookaway juga punya operator yang siap melayani kamu 7/24 jam loh, jadi kalau ada keraguan atau pertanyaan dalam perencanaan traveling kamu, tinggal chat aja deh operatornya melalui aplikasi atau di website resminya.

Terakhir, jangan patah semangat dalam kondisi ini ya, yuk rencanain aja dulu jalan-jalan kamu, karena saya yakin situasi akan balik lagi seperti dulu, sabar dan kita bakal bisa traveling lagi dengan bebas. Stay safe and stay healthy!

 

Kepo-in dan follow sosial medianya kalau mau tau lebih jelas tentang bookaway ya!

Instagram @bookaway

Youtube bookaway

Twitter @bookaway_travel

Facebook @bookaway

Leave a Reply