Things to do around Kawaguchiko

Pada tahun 2019 ini, saya dan keluarga memulai tahun dengan jalan-jalan selama 2 minggu penuh ke Jepang. Meskipun, bersyukurnya, saya dan keluarga cukup sering jalan-jalan ke Jepang, tapi perjalanan kali ini kita akan mengeskplor beberapa prefektur yang sebelumnya belum kita kunjungi, salah satunya adalah Kawaguchiko. Meskipun sebelumnya saya pernah mengunjungi kawasan Gunung Fuji, tapi saat itu saya mengunjungi bagian Hakone.

Gunung Fuji itu indah, bahkan sangat sangat indah. Fuji punya ketertarikan sendiri untuk dieksplor, ada beberapa titik untuk kamu bisa menyaksikan kemegahan gunung yang menjadi ikon negara Jepang yang punya salju abadi ini. Kawaguchiko termasuk wilayah yang punya jarak cukup dekat dengan pemandangan Gunung Fuji, dan pada akhirnya saya dan keluarga juga memutuskan untuk menginap 3 hari 2 malam diwilayah tersebut.

Kawaguchiko dapat ditempuh menggunakan kereta JR dari Shinjuku ke Otsuki, dan dilanjutkan dengan Fujikyu Railway ke Kawaguchiko. Total perjalanan dari Shinjuku sampai dengan Stasiun Kawaguchiko sekitar 2 jam dengan tiket sekitar 3900 yen perorang untuk sekali jalan.

Kawaguchiko Station Japan
Pemandangan Gunung Fuji dari Stasiun Kawaguchiko

Tiba di Stasiun Kawaguchiko, saya langsung bisa merasakan suasana yang tenang dan nyaman serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Meskipun wisatawan yang datang ke Kawaguchiko cukup banyak setiap harinya, tapi saya tetap bisa merasakan suasana pinggiran kota yang damai.

Saya dan keluarga menginap cukup jauh dari tengah kota, karena titik keramaian berada di sekitar Danau Kawaguchi, dimana terdapat banyak hotel-hotel besar dan restoran. Saya memilih Katsuyama, sekitar 3 km dari stasiun, yang menurut saya cukup jauh karena tidak bisa jalan kaki, dan kendaraan umum di Kawaguchiko juga cukup minim. Disana ada bus, tapi jamnya sangat terbatas, dan ada juga taxi tapi harganya cukup mahal. Misalnya untuk taxi, dari stasiun ke villa yang jaraknya 3 km, harganya sekitar 2000 yen sekali jalan. Tapi saya milih villa ini karena view dibelakang rumahnya langsung Gunung Fuji, dan dekat dengan Danau Katsuyama yang bisa saya kunjungi hanya dengan jalan kaki.

Katsuyama Lake Kawaguchiko Japan
Danau Katsuyama

Danau Katsuyama berjarak sekitar 200 meter dari penginapan saya. Danau ini cukup terkenal di kawasan Kawaguchiko karena ada rest area dengan parkiran yang cukup besar. Selain bisa bersantai dan menikmati udara segar, dipinggiran danau juga ada beberapa restoran dan penginapan.

Perjalanan ke Danau Katsuyama dari penginapan saya
Katsuyama Lake Kawaguchiko
Jalan-jalan pagi ke Danau Katsuyama

Kehidupan di Katsuyama sangat damai, karena waktu itu lagi musim dingin dan sinar matahari cuma sebentar, jam 5 sore pun langit udah gelap. Di Katsuyama, jam 6 sore udah super sepi dan gelap, cuaca waktu itu pun sangat mendukung buat males-malesan, karena kalo malem bisa sampai minus. Pokoknya gak ada lagi yang bisa saya dan keluarga lakukan kecuali santai di villa, nonton dan ngobrol-ngobrol, cocok banget buat kamu yang pengen quality time bareng keluarga.

Sebenernya, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di wilayah Kawaguchiko ini, salah satunya mengunjungi danau, museum dan main di amusement park, Fuji-Q Highland. Saya dan keluarga memilih mengunjungi Oishi Park yang katanya spot terbaik untuk memandangi Gunung Fuji. Kalo kamu mau mengunjungi beberapa tujuan wisata di seputaran Kawaguchiko, kamu bisa datang ke stasiun aja, karena disana banyak banget bus dan paket tur yang ditawarkan untuk mengeskplor Kawaguchiko.

Oishi Park Kawaguchiko Japan(4)
Danau Kawaguchi

Di kawasan Kawaguchiko, terdapat 3 tipe bus yang bisa kamu gunakan yaitu, Omni Green Line, Omni Red Line dan Omni Blue Line. Ketiga bus tersebut punya jurusan yang beda-beda, tapi semua bisa mengantarkan kamu sampai ke penjuru Kawaguchiko, selengkapnya bisa dilihat disini.

Bus yang saya naiki untuk ke Oishi Park adalah Red Line, bayarnya sekitar 1000 yen perorang untuk sekali jalan. Kalo kamu mau naik bus, kamu bisa langsung antre di line dan bayar langsung di bus ketika sampai di tujuan. Tapi kalau kamu mau ikutan tur atau mengeksplor Kawaguchiko selama 2 hari, kamu bisa beli tiket trip di loket bus di Stasiun Kawaguchiko.

Selama perjalanan ke Oishi Park, kamu bisa lewatin beberapa titik wisata dan berhenti sesuka hati. Titik wisata yang dimaksud diantaranya, Danau Kawaguchi, Hotel Mifujien yang menyediakan public onsen, Kawaguchiko Music Forest Museum, dan lain sebagainya.

Oishi Park Kawaguchiko Japan(3)
Oishi Park

Setelah sampai di kawasan Oishi Park, salah satu yang bisa kamu lakukan disini adalah menikmati pemandangan Gunung Fuji dari cafe-cafe dipinggiran danau sambil minum hot chocolate atau makan soft ice cream. Selain itu, kamu juga bisa belanja oleh-oleh dan souvenir dibeberapa toko sekitaran taman. Tapi yang paling famous pastinya foto-foto ditamannya yang cantik dengan latar belakang Gunung Fuji. Taman di Oishi Park ini biasanya akan lebih cantik ketika musim semi tiba (sekitar bulan April, Mei), karena banyak bunga berwarna merah dan ungu yang akan memenuhi taman ini.

Oishi Park Kawaguchiko Japan

Karena cuaca yang semakin lama makin dingin, dan hari juga udah mulai gelap. Kami kembali ke Stasiun Kawaguchiko dan makan malam disekitar stasiun, lalu melanjutkan pulang ke villa.