Tokyo Disneyland atau Hong Kong Disneyland?

Theme park yang tersebar dibeberapa negara ini menjadi taman bermain yang sangat diimpikan oleh banyak orang. Disneyland adalah theme park yang dibuat oleh Walt Disney. Theme park pertama yang dibuat berada di California, kalau di Asia, Disneyland ada di Tokyo, Hong Kong dan yang paling baru di Shanghai. Selain Disneyland, di Amerika Serikat tepatnya di Florida ada Disney World dan DisneySea di Tokyo.

Tokyo Disneyland
Gate utama di Tokyo Disneyland

Pengalaman saya mengunjungi kedua theme park ini sangat mengesankan. Dua-duanya punya perbedaan dan pengalaman sendiri. Pertama kali saya mengunjungi Disneyland yaitu di Tokyo, dan disusul dengan Disneyland Hong Kong ditahun berikutnya.

Pertama kali menginjakkan kaki di Tokyo Disneyland saya ngerasa kayak mimpi. Tokoh-tokoh yang saya idolakan dari dulu ada didepan mata. Untuk perbandingan dari kedua taman bermain ini, Tokyo Disneyland punya castle yang lebih megah dan besar dibanding Hong Kong Disneyland. Harganya pun lebih murah di Tokyo, yang waktu itu sekitar 800ribu-an rupiah saja, dibandingkan dengan Hong Kong dengan harga tiket masuknya sekitar satu jutaan rupiah.

Hong Kong Disneyland
My two little brothers at Hong Kong Disneyland

Untuk ukuran theme parknya saya rasa keduanya hampir sama, dan disetiap masing-masing theme park punya kelebihannya sendiri.

Hong Kong Disneyland
Toy Story Land

Kalau di Hong Kong kita bisa masuk kedalam kawasan Toy Story Land yang sayangnya di Tokyo kawasan ini gak ada.

Camilan lucu yang ada di Hong Kong Disneyland.

Yang paling membedakan dari kedua theme park ini adalah parade yang dilakukan oleh tokoh-tokoh Disney. Karena saya datang ke kedua theme park ini dari pertama buka, jadi saya tidak melewatkan apapun. Waktu saya ke Tokyo Disneyland tahun 2016 lalu, disana lagi ada pertunjukkan khusus musim dingin yaitu parade dari tokoh-tokoh film Frozen.

Greetings Parade di Tokyo Disneyland

Jadi pada saat itu, dalam sehari Tokyo Disneyland menggelar tiga kali parade, saat siang hari (greetings parade), sore hari (parade khusus Frozen Fantasy) dan penutup dimalam hari (electrical parade) lalu disambung dengan pertunjukkan kembang api yang megah di castle utama.

Tokyo Disneyland
Cinderella’s Castle di Tokyo Disneyland
Hong Kong Disneyland
Sleeping Beauty Castle di Hong Kong Disneyland

Nah pada saat di Hong Kong, saya cuma nonton dua kali pertunjukkan aja yaitu pada siang hari  (flight of fantasy parade) dan malam hari (Disney paint the night). Sejujurnya saya gak terlalu bersemangat dengan parade di Hong Kong Disneyland karena saya ngerasa kalau paradenya singkat banget. Kalau kamu mau ke Disneyland, saran saya luangkan waktu seharian. Usahakan datang pas theme parknya baru buka dan pulang saat pertunjukkan kembang api berakhir, jadi kamu gak akan melewatkan satu momen apapun.

Disney Paint The Night di Hong Kong Disneyland

Oh ya, jam operasional Hong Kong Disneyland juga lebih singkat dibanding Tokyo Disneyland, saya akan bikin informasinya dibawah.

Untuk pertunjukkan kembang apinya atau fireworks show, saya cuma bisa nonton yang ada di Tokyo aja, karena gak tau kenapa pas saya ke Hong Kong Disneyland gak ada pertunjukkan kembang api. Saya gak tau mungkin hanya dihari-hari tertentu aja pertunjukkan itu ada atau gimana, tapi saya cukup kecewa sih karena melewatkan momen yang sangat dinanti-nanti itu.

Tokyo Disneyland
Brand New Dream Fireworks Show di Tokyo Disneyland

Tapi yang menarik dan menjadi kelebihan dari Hong Kong Disneyland adalah permainannya yang kebanyakan bisa dinaikki oleh remaja sampai orang dewasa, menurut saya lebih banyak permainan yang cukup ekstrem dibanding dengan Tokyo Disneyland yang kebanyakan permainannya lebih cocok untuk anak-anak kecil.

Hong Kong Disneyland 01
RC Car di Toy Story Land, Hong Kong

Namun dari keduanya, suasana Disneyland yang ceria dan menyenangkan tetep terpancar. Dari kedua Disneyland tersebut, favorit saya Tokyo Disneyland, kalau kamu pilih yang mana? 🙂

Info :

Tokyo Disneyland

1-1 Maihama, Urayasu, Chiba Prefecture

Buka dari jam 8 pagi sampai 10 malam.

https://www.tokyodisneyresort.jp/en/tdl/

Lihat ulasan lengkap saya tentang pengalaman saya ke Tokyo Disneyland disini.

Hong Kong Disneyland

Lantau Island, Hong Kong

Buka dari jam 10.30 sampai jam 8 malam.

https://www.hongkongdisneyland.com/id/

Leave a Reply