Melihat Cantiknya Japan Winter Illumination di Nagashima Resort

Winter Illumination adalah salah satu acara tahunan yang diadakan dibeberapa wilayah di Jepang. Acara ini biasanya berlangsung selama satu bulan atau lebih dengan menampilkan atraksi lampu-lampu LED disuatu tempat wisata, taman atau dipohon sepanjang jalan seperti dikawasan Ginza. Sesuai dengan namanya, Winter Illumination diadakan pada awal musim dingin sampai dengan menjelang musim semi.

Musim dingin, Februari 2016 lalu, saya sempat diajak oleh salah satu teman Ayah saya di Jepang untuk mengunjungi salah satu Winter Illumination yang cukup terkenal yaitu Nabana no Sato di Nagashima Resort, Kota Kuwana, Prefektur Mie (cukup panjang ya). Nagashima Resort adalah sebuah pulau yang didalamnya terdapat Onsen, Waterpark, Amusement Park, Shopping Mall dan Taman Bunga (Nabana no Sato) yang ketika musim dingin terdapat Winter Illumination.

Winter Illumination Nagashima Resort
Winter Illumination at Nagashima Resort

Perjalanan dari Shin-Osaka, tempat saya menginap ke Nagashima cukup memakan waktu yaitu sekitar 6 jam pulang-pergi. Saya pergi dari Osaka sekitar jam 5 sore dan sampai disana sudah gelap sekitar jam 8 malam. Atraksi lampu ini dibuka dari sore hari. Pada saat Winter Illumination, tempat ini sangat padat dikunjungi wisatawan terlebih pada saat akhir pekan.

On the way to Nagashima
Road trip to Nagashima

Waktu itu saya road trip ber-sembilan orang. Orang tua, adik-adik saya, 3 teman Ayah dan 1 orang Jepang istri dari teman Ayah saya itu. Kita pakai 2 mobil karna gak cukup, kebetulan yang nyetir di mobil yang saya tumpangi adalah istri dari teman Ayah (Tante Jepang), karena suaminya gak punya SIM Jepang. Dia cerita, katanya sangat susah untuk mendapatkan SIM, dia pun sudah pernah ditolak. Selain susah, harga untuk mendapatkan SIM di Jepang juga tidak murah, sebelum tes kita harus belajar mobil dulu dan lain sebagainya, total biaya yang harus dikeluarkan bisa sampai puluhan juta rupiah.

Menyetir di Jepang memang tidak boleh sembarangan, dalam perjalanan saya ke Nagashima di tol juga ada beberapa mobil yang kecepatannya melebihi aturan dan langsung ditangkap oleh Polisi, sistemnya kurang lebih sama dengan di Amerika Serikat yaitu ada banyak CCTV dijalanan plus bisa mencatat kecepatan kita. Kata Tante Jepang, kalau maksimal kecepatan di Tol 80km/h dan kita melebihi, sanskinya adalah bayar sekitar satu juta rupiah per 10km/h, ya kira-kira begitu. Jadi kalau saya nyetir di Tol dan kecepatan saya 100km/h (mungkin) saya akan kena denda sekitar dua juta rupiah. Asiknya, pakai mobil di jalanan Tol Jepang teratur banget, tidak ada macet, semua mobil jalan dengan tenang.

Stop at rest area
Rest area di Jepang
Makanan di rest area jepang
Sajian makanan di rest area

Kami menggunakan jalan tol dan melewati beberapa kawasan seperti Kyoto dan Shizuoka. Kami sempat berhenti juga disalah satu rest area untuk mengisi perut. Rest area di Jepang sangat bagus dan pastinya bersih. Ada berbagai makanan yang tersedia di food court dalam rest area tersebut. Selain berbagai pilihan makanan, disana juga terdapat toko-toko yang menjual oleh-oleh dari beberapa wilayah di Jepang, seperti oleh-oleh khas Sapporo, Nagoya dan lain sebagainya.

Baca juga: One Day Trip Jepang, Shibuya – Hakone

 

Untuk bisa masuk dan menikmati atraksi lampu-lampu yang indah ini, pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar 2,100 yen/orang, atau sekitar Rp.200,000. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk voucher makan sebesar 1,000 yen yang bisa ditukarkan di toko oleh-oleh dan area makanan didalam kawasan tersebut.

Winter Illumination Japan

Winter Illumination Japan

Winter Illumination Japan

Nabana no Sato ini adalah taman bunga yang luas yang masuk dalam bagian Nagashima Resort. Pada musim semi sampai musim panas taman ini banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga cantik seperti Tulip dan Rose. Namun pada musim dingin, taman ini berubah menjadi taman yang dipenuhi jutaan lampu. Winter Illumination di Nabana no Sato dibuka dari bulan November sampai dengan awal bulan Mei.

Oh ya, Winter Illumination di Nabana ini juga termasuk illumination terbesar dan salah satu yang terbaik di Jepang, tidak heran banyak wisatawan yang datang kesini terlebih dari kota-kota terdekat seperti Nagoya, Osaka dan Kyoto. Saya menyarankan untuk datang pada sore hari, kamu masih bisa lihat taman bunga dengan jelas dengan lampu-lampu yang sudah mulai menyala.

Winter Illumination itu sendiri memiliki banyak spot didalamnya, salah satu yang paling terkenal adalah light tunnels atau lorong yang panjang yang dipenuhi oleh jutaan lampu LED didalamnya. Selain cantik, sinaran jutaan lampu ini juga membuat hangat ketika pengunjung melintasi lorong ini. Lalu, dipenghujung taman pengunjung juga disuguhkan dengan pertunjukan lampu (animated light show) dihamparan taman bunga yang luas yang bergerak membuat animasi dan dilengkapi dengan musik.

Winter Illumination at Nagashima Resort
Kiri ke kanan: (Saya, Tante Jepang dan Mama)

Winter Illumination japan

Winter Illumination Japan

Untuk melihat jadwal dan tempat-tempat Winter Illumination di seluruh Jepang, kunjungi Winter Illuminations (via japan-guide.com).

***

Winter Illumination (Nabana no Sato)
Prefektur Mie, 511-1144, Kota Kuwana, Nagashima cho,
Komae Urushibata 270

Leave a Reply