Wisata di Bali Timur, Pergi ke Karangasem Saja

Kalau ngomongin wisata di Bali Timur, Karangasem yang terletak di Bali Timur biasanya menjadi tujuan utama para wisatawan. Kalau dari Kuta, kita harus ngelewatin arah Padang Bai, Candidasa dan seterusnya.

Jalannya gak begitu menyita waktu karena cuma dua jam perjalanan pakai mobil pribadi dan aksesnya pun mudah, dan semakin dipermudah dengan bantuan aplikasi map seperti Google atau Waze.

 

Bali Chocolate Factory

Bali Chocolate Factory adalah sebuah pabrik coklat yang gak begitu jelas. Ekspektasi saya kalau pabrik itu tempatnya besar, lantas produksi coklatnya pun aktif. Tapi enggak dengan tempat ini. Di luar pabriknya ada cafe kecil dengan pemandangan langsung ke Pantai Jasri.

Selain itu, ada beberapa spot untuk foto-foto juga. Di antaranya bekas Kapal. Tempat ini masih terhitung sepi, tapi kalau soal letaknya jangan khawatir, karena tempat ini sangat mudah dijangkau.

Spot Kapal di Bali Chocolate Factory

Ayunan di Pantai Jasri

Bali Chocolate Factory

Pantai Jasri dari Bali Chocolate Factory
Pemandangan Pantai Jasri dari dalam kawasan Bali Chocolate Factory.

 

Bukit Asah

‘Ikon’ wisata di Bali Timur selanjutnya — dan masih di kawasan Karangasem — adalah Bukit Asah.

Ayunan di Bukit Asah
Bukit Asah

Lokasinya gak terlalu jauh dari Pantai Jasri. Tapi aksesnya cukup sulit waktu itu karena jalannya menanjak ke atas tebing (pakai mobil) tapi pemandangannya bagus banget. Dari parkiran, kita bisa milih mau jalan kaki atau naik ojek untuk naik keatas Bukit Asahnya. Saya saranin untuk naik ojek aja, karena cuma Rp 10.000-Rp 30.000 (nego saja) perorang daripada harus jalan kaki jauh dan naik turun bukit.

Akses ke Bukit Asah pakai ojek Motor
Akses menuju Bukit Asah pakai ojek Motor

Di Bukit Asah, kita disuguhkan pemandangan yang keren banget dari atas bukit.

Selain sightseeing dan foto-foto, di Bukit Asah biasanya dijadikan tempat kemah. Camping disini termasuk murah karena cuma Rp 100.000 aja untuk penyewaan tendanya. Camp Spot-nya sendiri persis diatas tebing yang langsung menghadap ke lautan lepas.

Kata warga sekitar, sunrise di camp spot ini keren banget. Turis-turis atau warga lokal biasanya camping pas akhir pekan atau libur panjang.

 

Virgin Beach

Dari Bukit Asah, kita bisa turun ke Pantai Perasi atau White Sand Beach atau sekarang lebih eksis dengan nama Virgin Beach. Kalau mau ke Virgin Beach bisa juga naik ojek, aksesnya lebih ekstrim, tapi seru banget.

Virgin Beach Karangasem
Virgin Beach, Karangasem.

Virgin Beach itu bagus banget, meskipun pantainya gak terlalu luas, tapi airnya super jernih dan bersih, terus banyak yang snorkeling karena pemandangan bawah lautnya bagus dan sangat aman kalau mau berenang dipinggiran pantainya.

Kalau sempat, kamu bisa juga mengunjungi Tirta Gangga dan Taman Ujung yang lokasinya gak begitu jauh dari Jasri, atau coba snorkeling dan diving di dive spot paling terkenal di Bali yaitu Amed.

Jangan takut untuk mencoba sesuatu hal yang baru kalau liburan ke Bali. Bali punya banyak tempat yang lebih indah dari tempat-tempat yang biasa dikunjungi turis pada umumnya. Saya dititipin pesan sama warga sekitar, khususnya temen-temen yang nganter saya ke Bukit Asah supaya promosiin pariwisata Karangasem dan sekitarnya 😀

***

 

Info wisata di Bali Timur:

  • Biaya masuk Bali Chocolate Factory Rp 10.000
  • Kalau mau kemah di Bukit Asah, bisa hubungi warga sekitar, tlp : 081 238 338 057 atau 087 861 855 703. Sebisa mungkin booking tempat dan tendanya dari jauh hari.
  • Ojek di Bukit Asah sekitar Rp 10.000 — Rp 30.000, tergantung kita mau bawa motor sendiri atau disetirin. Harga ojek diatas udah termasuk dianter ketiga obyek wisata utama yang ada dikawasan wisata Bukit Asah, Bukit Panggian dan Virgin Beach.
  • Rekomendasi untuk penginapan di Karangasem bisa coba di Villa Santai. Lokasinya strategis dan murah banget, tempatnya bagus, rumahan banget dan sangat bersih, ratenya berkisar Rp 300.000-Rp 400.000/malamnya.

Note:
Harga yang tertera di atas adalah harga waktu kunjungan tahun 2015, saya belum update lagi, mungkin saat ini sudah ada perubahan.

Selamat berlibur!

Related Posts

Leave a Reply